Riziq Aje

Just me and all

Salah Kaprah Tentang Antivirus

Posted by Rafie pada Desember 14, 2007

New Download PCMAV 1.2 Release Today 23 April With the newest update build 1 integrated with clamav update complete. Visit or choose the link below to get more info’s.

1. Benshared.com
2. Download.benbego.com

Banyak mungkin diantara kita yg senantiasa download antivirus bahkan sampe updatenya tapi tidak tahu bagaimana antivirus itu sebenarnya. Untuk memahami anvi ini kita definisikan dulu apa itu anti virus. Antivirus merupakan suatu program yg dapat menangkap, mengidentifikasi serta membersihkan, mengkarantina atau menghapus virus.

Seperti itulah yg dilakukan oleh antivirus. Antivirus saat ini sudah sedemikian banyaknya. Baik itu freeware atau masih shareware. Menimbang makin banyaknya kasus infeksi virus pada komputer2 di indonesia, saya memfokuskan pada yg freeware saja. Karena umumnya kita memang suka yg freeware, termasuk saya. Klo punya yg paid program, malah lebih bagus. (bukan yg crack lho.πŸ˜€ )

PCMAV 2.0 (kapan ya ini release?)

PCMAV, semua dah pada tau siapa yg bikin ini software. Yap, PC Media. Salah satu bentukan dari majalah komputer indonesia. PCMAV bisa dibilang lumayan bagus untuk kategori freeware dan tentunya lokal. Apalagi dari berbagai kasus yg terjadi, lebih banyak melibatkan virus2 lokal. Dan program ini cukup ampuh untuk menangani virus aneh yg lumayan banyak variannya.

Sayangnya, yg banyak tidak dipahami oleh pengguna adalah pcmav ini dalam melakukan scanning virus, sifatnya konvensional saja. Standar. Hanya dijalankan ketika anda menginginkan membersihkan file, direktori dari virus. Tentunya yg di cari adalah yg sesuai dg database virus definition file. Karena itu, saat orang2 sering bertanya pada saya, misal, saya kena virus tati.my.love. bagaimana cara penanganannya? Jika anda penggemar pcmav, tentunya pertanyaan ini cocoknya di serahkan ke pcmedia. Bukan saya. Saya sampai sekarang belum pernah kena virus ini walaupun saya tau dimana dapat mendownload virus ini. Ya mungkin untuk keperluan analisa. Tapi, ngga deh. Taqiuut..πŸ˜€

Sejak awal saya tahu ini virus baru, dan memang pcmav belum bisa membersihkan. Logikanya, jika virus definition file tentang virus tati my love tidak ada, bagaimana dia bisa membersihkan virus tersebut? Itulah maksud saya. Klo anda kena virus baru lg macam virus bodoh, dll. Mau tidak mau anda harus bersabar menunggu update build selanjutnya. Dugaan saya tepat, tidak lama build 4 pun keluar.

Jika masih bingung juga, anda tahu RC22.VDB? VDB mungkin singkatannya virus data base (nggak tau *mode on). VDB inilah yg berfungsi sebagai tambahan, info2 terbaru, atau database virus yg baru saja dianalisa dan dibuatkan cleanernya. Jd, saat anda menscanning komputer dg pcmav rc22, dan anda tau anda kena virus tati, namun update yg anda miliki masih versi build 3. Well, lolos aja tuh virus dari razia pcmav. Karena antidot untuk virus tati ada di build 4. Jadi ya, diupdate terus dong pcmavnya.πŸ˜€

Banyak jg yg bertanya, kenapa pcmav kok berat jalannya? Lagi2 logika yg saya pakai, klo otak anda terus bertambah dg berbagai informasi, apa yg biasanya terjadi? Makin pintar, bingung, pusing atau malah bego.πŸ˜€ Seperti itulah. Semakin besar ukuran vdb, makin berat di akses. Apalagi jika anda menambahnya dg update CLAMAV. Yang berat itu ada pada program RTP. Karena dia adalah satpam sebenarnya dari protektor komputer anda. Aktifitas lalu lintas data akan diperiksa secara otomatis sama Mas RTP ini. Klo satpam tidur, terus anda colok usb bervirus, selamat. Anda layak dapat bintang.πŸ˜€

Kenapa pcmav kok kadang terdeteksi sebagai virus? Itu hanya false alarm saja. Kenapa? Pcmav merupakan program anti virus yg belum banyak di ketahui dunia luar. Sepak terjang program ini dikategorikan sebagai virus karena dia bisa mencari, mengidentifikasi, analisa, merubah, menghapus virus. Ngga heran, waktu di seri rc21 pcmav juga terdeteksi sbg virus sama avg. Krn skrg avg udah mengenal baik pcmav ini, mereka sekarang mau kok dimadu.:mrgreen: Klo yg lain, belum tau tuh.

Mudah2an pcmav kedepan ngga lagi ngalamin kejadian kayak diatas. Kabarnya untuk pcmav 2.0 nanti, tampilan program akan lebih user friendly, update otomatis, lebih cepat, ngga rakus memori dan tentunya bisa bersaing dg anvi luar.

PCMAV terbaru bisa di download disini : http://pcmavrc.googlepages.com

AVG Free Edition

Selain PCMAV aku juga make ini. Aku pake ini buat ngadepin berbagai serangan dari dunia luar. Bukan tidak mungkin dari berbagai email, file dan program2 lainnya yg aku download semisal game, anime, video, manga terlebih program crack, keygen atau patch yg cukup banyak mengandung virus, worm apalagi trojan. (untuk ketiga nama ini, aku bahas khusus nanti). Dan dari yg sudah2 mereka cukup ampuh.

Walaupun ini free, layanan mereka tidak kalah kok dari yg paid. Yang penting updatenya. Setiap hari bro. Yaa aku maklumin, karena ini program berstandar internasional. Tentunya update yg ada mungkin mengacu pada kasus infeksi virus internasional. Jadi, soal mengenali virus lokal, mereka lumayan sering lolos.πŸ˜† Kategorinya masih sama dg pcmav. Mereka juga memiliki fungsi Scanner Memory Resident (jd inget resident evil ya?πŸ˜€ ) maksudnya avg akan tetap aktif memonitoring sistem komputer sekalipun anda lagi ngerjain tugas (apa aja). Klo di pcmav, mirip rtp. Dg begini virus bisa di cegah sedini mungkin.

Jeleknya avg ini, klo dah bisa detect virus, biasanya malah di karantina. Bukannya di bersihin, terus dibalikin file yg kena virus jd normal. Makanya, banyak program crack atau keygen gue ke razia ama avg ini. Klo anda ingat dg dongkrak server, avg juga yg menuduh bahwa di DS ada trojan horse generik.CHA (tau deh apaanπŸ˜€ ) termasuk pcmav, disangka virus.

AVG download disini: http://grisoft.com

AVAST

Untuk yg satu ini aku belum banyak tau. Lupa kapan terakhir kali make. Atau mungkin emang ngga pernah. Asli, lupa. Mungkin sama saja dg AVG. Tapi dari berbagai komentar yg masuk avast masih lebih baik dalam penanganan virus. Artinya jika ada file semisal dokumen .doc yg terinfeksi, avast akan mengembalikan ke bentuk semula seperti halnya sebelum terkena virus alias tidak dikarantina apalagi dihapus. Soal kebenarannya, anda yg harus menguji. Klo dari aku, kapan2 aja klo dah bosen sama AVG.πŸ˜›

Avast Anti virus bisa di download di http://avast.com

Sebenarnya masih banyak yg freeware macam Gucup Anti Virus (lokal punya juga dan pernah aku ulas. Sekarang dah versi 3.0.3 Coba aja search.) Klo GAV ini selain cara konvensional, ia mendeteksi juga dari tingkah laku program. Klo ada yg mirip2 berkinerja kayak virus, statusnya bisa dituduh virus juga. Yang buat Mas Yusuf Theresa Patiku. Untuk lokal, ini ok punya juga.

Sebagai tambahan, aku juga make Comodo Firewall Pro. Baru lengkap rasanya bila make firewall. No komen soal ini. (OOT)

Kesimpulan:

Apapun antivirus yg anda gunakan tidak dapat menjamin bahwa data anda benar2 aman dari gangguan virus. Hanya saja dg adanya antivirus setidaknya mengurangi resiko hilangnya data, atau rusaknya sistem komputer anda. Pilihan antivirus yg baik tentunya bergantung pada kebutuhan. Keamanan data yg anda harapkan jg bergantung pada tingkat usaha dan disiplin yg baik. Dan itu ada pada Anda. Bukan programnya.

Artikel ini ngga mutlak bener. Ini penilaian sebatas kemampuan otak pribadi aja. Jd, saran, PR, kritik dan kripiknya boleh dikirim ke aku. Ngga usah sungkan.πŸ˜€

Artikel lanjutan:

  1. Mengenali Gejala Terinfeksi Virus
  2. Dimana Virus biasanya Bersarang (melawan virus secara manual)
  3. Trik Berkomputer Sehat
  4. Hacker Cracker and Phreaker – Apa Bedanya?
  5. dll. Bikin aja sendiri, apa judulnya.
  6. Libur aja.πŸ˜€

Artikel lanjutan ini belum aku bikin. Kamu aja yg pilih, bagusnya aku nulis yg nomer berapa. Klo aku pribadi pinginnya yg no.6:mrgreen:

Selesai.

17 Tanggapan to “Salah Kaprah Tentang Antivirus”

  1. Praditya said

    Hmm…

  2. Egy said

    kok symantec antivirus gak di bahas ya mas ya……..biasanya semua org banyak yang make itu.

    Buat yg freeware aja Mas. Emang symantec gratis?πŸ˜€

  3. hendra said

    saya, orang awam alias orang yang baru kenalan sama yang namanya komputer. maklum saya baru nyadar kalo saya ini gaptek. apa lagi saat ini komputer saya lagi rusak alias di “satronin” ama virus. makanya mulai dari sekarang saya ingin belajar tentang sesuatu yang berhubungan dengan komputer. yang mo saya tanyain bagaimana cara meng-up date anti virus? apa setiap antivirus berbeda cara meng-up date-nya? dan berapa lama kurun waktu untuk meng-update anti virus? thnx ya sebelumnya, dan tolong di jawab pertanyaan dari orang yang haus akan ilmu tentang komputer ini….

    Tergantung antivirusnya. PCMAV manual. letakkan saja file update (rc22.vdb) pada folder yg sama dg pcmav. AVG bisa otomatis bisa manual. Klo anda online, avg secara otomatis akan mencari sendiri updatenya. Klo manualnya ya anda download dulu updatenya. Nanti dari program softwarenya ada menu untuk update. Arahkan saja ke folder dimana anda meletakkan update tsb. Lalu update. Sisanya otomatis. Untuk yg lain rasanya juga sama dg AVG ini. Soal waktu tergantung juga. PCMAV seadanya dia aja. Ngga tentu. AVG dan yg lain bisa harian, mingguan, bahkan bulanan. Bagusnya harian. Klo anda online ontime. Bisa setiap saat ada update. Biar jelasnya, praktek 100x.πŸ˜€

  4. irvan132 said

    pesannya : selalu update antivirus anda.
    hehehe

    -IT-

  5. Rommy said

    bagaimana dengan brontox….trojan dan virus virus yang bikin os nya ngadat, bikin file .doc jadi exe…………bukannya meremehkan buatan lokal sih, tapi yang sering masuk itu kan virus2 yang nggilani……….
    saya dulu pernah pake AVG Free memang sih ga berat (gimana ga berat orang ga bisa detect virus). hehhe.

    kalo mo aman pake Kaspersky, NOD32, tapi bayar sih hhhee
    kalo ga mo bayar dan ga pengen kena virus ya pake linux (gitu aja kok repot)

    Setuju Om GusdurπŸ˜€

  6. Mau tanya, mas. Katanya kalau pasang 2 antivirus sekaligus bisa bikin komputer berat ya? Bahkan katanya bisa bikin hang. Soalnya saya memang punya AVG sama Avast keinstall, gara-garanya kadang-kadang ada yang ngga kedeteksi sama AVG tapi kebaca sama Avast dan sebaliknya.πŸ˜›

    Klo berat ya. Tergantung komputernya sih. Merasa berat apa nggak. Klo ngga ya ndak masalah kan? Hang itu baru katanya. Belum kejadian sendiri kan? gpp.πŸ˜€

  7. […] juga kemarin aku ngebahas soal pcmav ini, eh ternyata udah update lagi. Untuk seri terbaru, pcmav berganti ke RC23. Pada rilis kali ini, […]

  8. caffeins said

    request nih

    aku pengen no.3 dong bang..

    Ok. Nanti aku posting soal itu.

  9. angga said

    walah aku ndeso banget klo masalah ginian..
    mau nanya ni bang,komputerku dari dulu cuman ada norton anti virus tahun 2003!
    apa masih layak?ada saran.?

    Sangad2 tidak layak. Klo mau pake norton update dong yg ke 2007. Itu kan jadul banget. Sorry, itu saran tersadis yg pernah aku kasih. (tp emang bener kok)πŸ˜€

  10. […] juga kemarin aku ngebahas soal pcmav ini, eh ternyata udah update lagi. Untuk seri terbaru, pcmav berganti ke RC23. Pada rilis kali ini, […]

  11. […] juga kemarin aku ngebahas soal pcmav ini, eh ternyata udah update lagi. Untuk seri terbaru, pcmav berganti ke RC23. Pada rilis kali ini, […]

  12. Hanster said

    Thx ya,,,

  13. addiehf said

    PCMAV dulu aku sering banget pake AV ini [plus ClamAV tentunya], cuma karena pas loding berat banget sekarang aku hanya pake sekali2 aja [buat ngetest aja takut ada virus lokal nongkrong :D) tapi kadang2 aku juga pake ANSAV [lumayan bro].

    AVG ah pas terakhir make kalo dah di apdet minta restartπŸ˜›
    AVAST! gw suka ni AV [greatest gt lah apalagi ama SKIN-nya]
    NORTON terakhir gw pake yang 2007 en gw pake karena AVG gw rewel selalu aja nyaranin pake AVG IS [up] mun gw sebel juga soalnya ps apdet suka plin plan gitu [Updaternya rewel]
    AntiVir bagus jg, gw punya yang Premium lisensinya ampe 2011 eeeeee………… pas apdet ke3 da msalah dg servernya

    pernah juga ni kompi gw coba ga pake anvi karena Pertamanya seeh Fine-Fine aja namun pas Browsing pengentau perkembangan virus gitu aaaaaaaahhhhhhh [kesimpulannya seeh “is serem”] dipikir2 Anvi mana yg harus gw tancapkan di kompi ini. akhirnya pilihan jatuh pada Kaspersky dan seperti biasa gw kunjungi situs warez [tau dong?] dan gw pilih KIS 7.0.0.125. Gw coba langsung deh di tancep en di skening eeeeeeeeiiiiiiiiiii……. speywer en malwer kurang ternyata udah punya sarang di kompiku [eksekusi aja langsung, delet delet delet delet delet delet] ampe skarang gw tetep pake ni anvi [muantap tap tap]

    3 day ago temen datang [help me pliz, what’s wrong, I said] ceritanya seeh dia punya 4 file yang tdinya ekstension-nya dot TXT kok berubah jadi EXE kenapa ya, gw bilang dah di scan blum ma anvi, dia bilang “udah gw coba pake AV** dan PCM** tapi tetep aja ga ngaruh gitu. at last gw msukin tuh pail ke FD gw en den gw coba dulu ah di NAV07 [ga ngaruh tuh] lalu ANS**, AnV** sama sama sama [lolos] terakhir gw coba di kompi ini tentunya pake KIS yupz…. [ke ‘detect’ brow namanya “nakuru.ru” aahhhhh makin sayang deh gw ma KIS. saran gw “coba deh yang ini barangSungai Anda juga kepincut. tinggal ‘googling’ kok
    πŸ™‚ salam hangat buat “Korekiyo Tsukamoto” en tengs atas share-nya

    Ternyata kita sependapat ya. Dari semua antivirus, baik free ataupun paid, kaspersky memang yg terbaik. Walaupun agak repot dg fasilitas proactiv defensenya, dalam menangani atau mendeteksi, dia bisa diandalkan. Sayangnya, setelah dataku hilang, aku belum pake lagi itu Kaspersky. Installernya ngga tau dimana. Yg pasti, hasil crackan juga.πŸ˜€

  14. H04X_CL34N3R said

    Pake symantec norton??? LAMMMMMMMAAAAAAA !!!!!!!!!!!!!!!
    sampe tidur 30 menit, komputer baru bisa STANDBY.
    Gua PALINGGGGG BENCCICIIICICICIIII sama norton (sejak norton 2003 keatas… LAMBAT mao mampus lambatnya !!!)

    untuk pcmav rc 23, menurut g masih lom bisa bunuh virus
    getraw versi baru (g lupa) — setelah discanning, masuk regedit :

    HKLM-software-microsoft-windowsNT-winlogon-
    Shell : explorer.exe……system restore…(namafile).exe

    masih ada.
    trus restart, kemudian virusnya nongol lagi.
    ada di startup (adobe.exe), games (solitaire.exe), dll
    gimana tuh RC23 ???
    —-
    THX

  15. djonny said

    Salam,
    apapun yang terjadi dgn PC AV, gw tetep ucapin tks. kita hargai buah karya anak bangsa yang membanggakan dan membangun untuk dunia IT, jangan cuman bangga buat virus saja, tapi tunjukkan juga bahwa kita mampu membuat karya lain yang lebih spektakuler. Kalau kita pandai tapi tidak mau berbagi “that’s no thing”, tapi meskipun sederhana tapi kita mau berbagi itu baru “nice”. Untuk PC AV, tingkat kan terus ke-jeniusan mu, konsen ke virus lokal itu juga malah lebih bagus…..Tq utk bantuanya selama ini.

    Salam

    –IT–

  16. Klo berat ya. Tergantung komputernya sih. Merasa berat apa nggak. Klo ngga ya ndak masalah kan? Hang itu baru katanya. Belum kejadian sendiri kan? gpp.πŸ˜€

    Sebenarnya berat sih. Dan kadang sering ngehang — entah itu karena antivirusnya, atau karena saya browsing dengan 10 tab sekaligus sambil buka Yahoo! Messenger.πŸ˜›

    Btw, mau nanya soal Kaspersky… sebenarnya kalau pakai Kaspersky yang hasil crack-an itu gpp atau bahaya? Soalnya katanya bagus, tapi kalau hasil bajakan saya jadi agak ragu.πŸ˜•

    Makasih.πŸ˜€

  17. nahl said

    request ya…
    no.2 aja, coz q lagi ada tugas ttg itu…πŸ™‚ (ada maunya…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s