Riziq Aje

Just me and all

Belajar Instalasi Blog WordPress – Tutorial Kedua

Posted by Rafie pada Desember 1, 2007

Setelah pengenalan pada aplikasi Dongkrak Server sebelumnya kini kita lanjutkan bagaimana WordPress itu sebenarnya. Kita kan mulai dari bagaimana menginstall wordpress di Virtual Hosting (Server) yang sudah kita buat sambil belajar mengganti themes wordpress.

Saya asumsikan anda sudah membaca bagian pertamanya. Jadi kita lanjutkan saja poin berikutnya. (Gambar 1)

phpMyAdmin Login

Setelah anda melakukan login pada login menu phpMyAdmin seperti diatas ini, anda akan dihantarkan menuju halaman utama web phpMyAdmin. (Gambar tidak ditampilkan)

Poin kita berikutnya adalah ke menu MySQl Create New Database. Lihat gambar dibawah ini: (Gambar 2)

Create DatabaseDatabase yang saya buat menggunakan nama testing. Lagi2 bebas. Note: Untuk real hosting biasanya berbeda. (nama user dan database digabung)

Bila sudah di isi kolomnya kita klik tombol create atau ciptakan. Hasilnya jadi seperti ini: (Gambar 2.1)

Create DatabaseLihat gambar disamping ini. Dari nama testing yang kita masukkan tercipta database baru yaitu testing. Ada di kolom kiri. Dan dibawahnya ada petunjuk tidak ada tabel dalam database. Ada dua cara untuk menambahkan tabel ke dalam database. Yang pertama secara manual yaitu dengan cara memasukkan query sintaks mysql ke dalam kolom SQL baik dg kopi paste maupun via import (Lihat gambar disebelah Struktur). Untuk kamu, mungkin bingung. Jadi kita tinggalkan cara ini.

Cara kedua, otomatis. Tidak semua bisa. Tergantung dari web yg dibuat. Berhubung yang kita bahas adalah wordpress, ternyata fasilitas ini sudah tersedia. Biar jelasnya akan saya bahas nanti.

Urusan phpmyadmin saya anggap selesai. Saatnya instalasi WordPress.

Home Wp Folder

Tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah mendownload aplikasi web blog wordpress. Silakan anda mengambilnya di wordpress.org. Untuk saat ini tipe yang tersedia adalah versi 2.3.1

Bila sudah mendownload, silakan extract wordpress 2.3.1 ke folder home yang ada di drive c. (lihat gambar kiri) Kemudian rename wordpress 2.3.1 tersebut menjadi nama domain yang anda suka. (ingat tutorial sebelumnya, harus sama). Dalam hal ini saya merename menjadi testing.com sedangkan folder wordpress yg ada didalamnya saya rename juga menjadi public_html.

Lebih jelasnya letakkan (extract) file aplikasi selalu di didalam folder /Home/Namakamu.com/public_html/.

Dari sini jelas ya?Wp Files

WordPress sudah di download, sudah diletakkan dalam folder public_html. Lalu apa lagi? Kita kenalan dulu sama file-file wordpress. Tak kenal maka tak sayang. Gitu kan mottonya. Jadi klo sewaktu2 ada yg error, setidaknya kamu bisa nebak dimana letak errornya.

Lihat gambar di kanan. Itu adalah nama-nama file yg ada dalam folder wordpress atau yg kita pakai sekarang ini. Saya tidak akan memperkenalkan mereka satu persatu. Akan sangat panjang bila dijelaskan disini. (aslinya gue ngantuk… whuuuaaa..:mrgreen: )

Tahap berikutnya (udah berapa sih?) silakan baca petunjuknya pada file readme.htm dah jelas kok. Kenapa? kok ngrenyit (ini bahasa mana sih?) gitu jidatnya? Ohh, belum ngerti juga.

Praktek ya. Silakan buka file wp-config-sample dg notepad, dreamweaver, atau apalah, asal jangan microsoft word.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar wp-config – notepad yang ada dibawah. Silahkan edit. Petunjuknya begini:

wp-config

  • DB_name: ini adalah nama database yang telah kita buat (lihat gambar 2 dan 2.1) dalam hal ini namanya testing. Ikuti saja seperti gambar diatas.
  • DB_User: Nama user ini bisa kita temukan pada saat pertama kali login ke phpmyadmin. (Gambar 1) Diatas saya pake nama benbego sedangkan nama user sebelumnya sama yaitu testing. Jadi bebas aja. Yang penting sama dg yg ada digambar 1.
  • DB_password: Karena di gambar 1 password kita kosongkan maka dsinipun kita kosongkan. Password ini untuk mengakses phpmyadmin.
  • Untuk yang lainnya biarkan sama.
  • Penting: Setelah itu semua selesai, silakan save file wp-config-sample tadi menjadi wp-config.php Caranya pada notepad, klik File > Save as > (pada file name tulis wp-config.php sedang save as type nya diposisikan ke all files > Save. Selesai.

Instalasi WordPress.

Guys. Ini acara intinya.

Semua petunjuk sudah dilakukan, namadomain sudah, buat mysql user (phpmyadmin) sudah, bikin database sudah, upload wordpress juga baru selesai, setting wp-config apalagi. Tinggal installnya yang belum. Caranya begini:

Buka browser kamu lalu ketikkan: “http://testing.com/wp-admin/install.php” akan muncul halaman Install WordPress. Silahkan isi halaman Blog Title beserta emailnya. Lalu klik tombol Install WordPress. Jika sukses akan muncul halaman konfirmasi seperti ini:

Wp Install

Jangan lupa untuk menyimpan password tersebut. Dengan suksesnya instalasi wordpress ini maka table database testing pun secara otomatis telah dibuat. Seperti ini bentuknya:

wp-table-struktur

Setelah ini semua selesai, anda dapat langsung melihat hasilnya. Klik saja http://testing.com di browser anda.

Wp Page

Hmmm, themesnya standart banget ya. Jelki abis. Klo gitu perlu di rubah nih biar caem

wp-themes

(Caya Emut..😀 ) Caranya gampang aja. Yang perlu kamu cari ya themesnya dulu. Silakan cari dimana aja. Ato search pake keyword ini “free wordpress themes” Yang aku tau freewordpressthemes.com koleksinya lumayan banyak. Silakan download aja disitu. Kalo sudah extract file zip themes tersebut ke dalam folder wp-content/themes/ (lihat gambar di kiri).

Dalam contoh yang aku pake adalah Iphone Themes. Untuk anda mungkin lain. Silakan isi sebanyak mungkin. Karena ini virtual host, jadi ngga ngaruh, mau ratusan juga ok. Kagak ada benwit-benwitan. (Pastikan aja ada jatah tempat untuk themes ini) Cari suka yang mana, mana yang disuka. Test…. test….. Klo mau diedit silakan pake photoshop atau fireworks, atau yang bisanya kamu aja.

Kalo sudah silakan login (dicatet ngga pasword nya? ). Untuk mengubah themes caranya seperti biasa kita menggunakan blog ini. Yaitu memilih menu Presentation atau tampilan lalu pilih themes yang sudah kita masukkan tadi. Selesai. Silakan di lihat blognya. Jadinya seperti apa.  Adapun Iphone Themes jadinya seperti dibawah ini. Weeew, keren.😀

 

Iphone Themes

Selesai juga. Tutorial ini (yang pertama dan kedua) dibuat tepat dalam waktu 6 jam. Yaa, lama banget. Karena aku perlu install dulu dongkraknya, donlot wp terbaru, cari themes. Sambil nulis sekaligus. Ditambah rasa ngantuk dan lemotnya akses internetku makin menyiksa saja. Sebagian gambar ngga bisa dipublish. Ngga muat ke hpnya.😀

Buat temen2 yang dah minta ini, moga bermanfaat ya😀. Segala kritik, pertanyaan, pr yg lain akan saya jawab nanti. Dan untuk komen2 sebelumnya, maaf belum bisa bales.😦 Mudah2an besok bukan masa hiatus saya. (Besok atau hari ini adalah hari terakhir saya langganan akses internet untuk bulan november) Saat ini lagi nunggu invoice bulan desember. Klo udah ada balasan via email, berarti terus. Klo gagal, weeuw, tidaaaak…!😀

7 Tanggapan to “Belajar Instalasi Blog WordPress – Tutorial Kedua”

  1. […] Pada kolom username isinya harus sama dg username (Lihat trackback1). Untuk kolom password kosongkan saja. Lalu tekan tombol login. Setelah ini anda akan masuk ke halaman utama phpMyAdmin. Sampai disini akan saya lanjutkan ke bagian kedua. […]

  2. hansteru said

    Thx ya untuk Infonya….
    Ntarv saya coba dh…

    => Hansteru WebBlog <=

  3. GRaK said

    terima kasih infonya🙂

  4. aryapradana said

    aku mau nanya,installasi wordpress tuh fungsinya buat apa sebenernya?

    Salah satu contoh dari fungsi wordpress adalah seperti blog yang anda kunjungi ini yg merupakan hasil instalasi wordpress. Fungsinya beragam. Ngeblog, nulis diary, curhat online, nulis artikel, dll. WordPress itu hanya alat yang mempermudah kita dalam beraktivitas secara online.

  5. amaliasolicha said

    nti kpn2 aku mo nyoba Ben🙂, makasih ya infonya..🙂

  6. jimbond007 said

    Artikelnya bagus…, keren… buat nambah wawasan. Kalo akses dns dari komputer lain yang terhubung LAN, bagaimana caranya?. mohon infonya….

    Untuk DNS LAN jujur aja aku belum pernah nyoba. Tutorial yg aku tulis itu hanya untuk lokal server. Jadi klo dikoneksikan via LAN, maaf, aku tidak bisa bantu. Tak ada bahan untuk uji coba.

  7. azmimusa said

    Bagus sekali.. bagaimana cara untuk update wordpress dengan cerita2 baru juga bagaimana utk masukkan picture sekali

    Simple aja kok. Semudah menggunakan microsoft word lalu tinggal publish. Buat gambar juga sama. Gampangnya silakan saja anda buka atau daftar ke wordpress.com, anda akan tahu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s