Riziq Aje

Just me and all

Kimchi, Asinan Sehat Dari Korea

Posted by Rafie pada Juli 27, 2011

kimchi
Buat penggemar drama Korea pasti sering mendengar nama kimchi. Biasanya pemerannya mengungkapkan ingin makan kimchi atau ingin dibuatkan kimchi. Kimchi adalah makanan selingan dari menu utama. Sebetulnya banyak negara yang memiliki asinan, seperti acar di Indonesia. Namun ketenaran kimchi yang mendunia telah mengubahnya dari sekadar asinan menjadi makanan tersehat di dunia. Bagaimana caranya?

APA ITU KIMCHI?

Kimchi semula diciptakan sebagai cadangan sayur segar warga Korea pada musim dingin. Ide ini ada sejak 3000 tahun yang lalu. Hingga tahun 1500, kimchi hanya terbuat dari sawi putih. Baru setelah Bangsa Portugis masuk, cabai mulai ditambahkan seperti resep kimchi sekarang.

Awalnya asinan sayur ini bernama shimchae (sayur yang digarami), berganti nama dimchae – kimchae hingga sekarang disebut kimchi. Dulu kimchi direndam dalam pot tanah liat dan ditimbun dalam tanah, namun dewasa ini cukup mendiamkan kimchi selama empat hari sebelum disajikan.

Proses pembuatan kimchi tergolong mudah, hanya saja pembuatan kimchi selalu dalam jumlah besar sehingga memakan waktu lama dan tenaga ekstra. Bahan kimchi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong dimasukkan ke dalam bak besar dan diberi garam, cuka, cabai, ikan teri, bawang putih, dan jahe. Nah, bagian paling paling membutuhkan tenaga ekstra ada pada proses mencampurkan semua bahan hingga rata.

Kimchi bahkan dapat di makan dan disimpan selama setahun. Rasanya kecut, lembut, tekstur renyah, penuh rasa menyegarkan, dan meningkatkan nafsu makan. Mengandung 42 mg vitamin C per 10g, serat yang tinggi, B1, B2, kalsium dan besi dan bakteri baik lactobacilli.

Bakteri baik inilah yang membuat kimchi mendapat gelar makanan tersehat sedunia versi Health Magazine. Selain membantu pencernaan, ternyata kimchi juga dapat mencegah pertumbuhan kanker. Tak heran masyarakat Korea mengkonsumsi kimchi hingga 20 kilogram per tahun tiap orangnya.

Takut bosan? Ada tujuh variasi kimchi, Tongbaechu Kimchi dari kubis Cina, Oisobaegi dari timun, Yeolmu Kimchi dari lobak air muda, Kkakdugi dari lobak potong dadu, Dongchimi dari lobak air, Chonggak Kimchi yang dibuat khusus bujangan, dan Nabak Kimchi dari lobak yang diiris. Juga berbagai olahan makanan dari kimchi dapat dicoba, semisal pizza dengan topping kimchi, sup kimchi, dan nasi goreng kimchi.

Incoming search terms:
kimchi dari korea, asinan KIMCHI, ASINAN TIMUN KOREA, berbagai olahan lobak, pembuatan kimchi, resep asinan korea

sumber Lapar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s