Riziq Aje

Just me and all

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

Posted by Rafie pada Juli 24, 2011

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar
Tetapkan target anda Buatlah target belajar yang realistis dan optimis.

  1. Jika anda saat ini berada di peringkat bawah, buatlah target agar anda bisa mencapai peringkat menengah di kelas. Pastikan target yang anda buat tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.
  2. Selalu ingat akan target anda
  3. Ingatlah target anda yang telah anda buat ketika anda sedang merasa malas. Ulangi target yang telah anda tetapkan dalam hati atau dengan suara lantang. Misalnya:”saya sudah berjanji kepada diri saya untuk berperingkat 10 terbaik di kelas”. Ulangi kata – kata tersebut dalam hati hingga anda yakin dan bersemangat untuk belajar.
  4. Lengkapi catatan anda dengan gambar – gambar Lengkapi catatan anda dengan gambar anda sendiri atau dengan warna – warna yang menarik sehingga membuat anda tidak bosan untuk membuka buku catatan anda.
  5. Belajarlah setiap hari minimal 1 jam
  6. Ulangi pelajaran yang telah anda dapatkan di sekolah dengan membaca – baca kembali catatan anda atau mengingat apa yang telah diajarkan oleh para guru. Ini dapat meningkatkan memori anda terhadap materi yang telah diajarkan hingga 50%! saat ulangan tiba anda tidak perlu kesulitan menghafal kembali materi – materi tersebut karena anda masih mengingatnya dengan baik.

Tips2 tersebut bisa diterapkan tapi bukan dengan cara paksaan. Lihat dulu kondisi anak bagaimana, cobalah dengan cara yg lebih persuasif untuk memotivasi anak belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s