Riziq Aje

Just me and all

7 Langkah Sukses Suspend Blog

Posted by Rafie pada April 23, 2008

Ho…ho..ho.. ini artikel kok menyesatkan ya! Mungkin itu yang pertama kali terpikir oleh anda. Tapi gak apa. Mau sesat kek, bener kek, itu relatif. Tergantung dari sudut pandang anda dalam memahami sesuatu.

Artikel ini aku buat juga karena permintaan dari Mas Anas yang baru pulang dari pelatihan di Abu Dhabi. Gak kebayang deh jalan ke timur tengah sana. Kecuali mungkin nanti sapa tau ada rizki buat pergi haji. Amin!😀

Suspend. Ini adalah kata yang paling di takuti semua blogger selain kata banned tentunya. Tentu atau mungkin anda pernah menemukan salah satu blog berpenampilan seperti dibawah ini:

Yap. Ini bukti nyata betapa mudahnya blog kita untuk disuspend. Mas Rezki, Dari tadi suspend terus. Apa sih artinya? Ok. Jadi begini lho mas sama mbak.😛 Klo menurut aku suspend itu berarti penangguhan terhadap segala aktivitas ngeblogging kita. Jadi blog kita akan menggantung begitu saja. Mati tidak, hiduppun tidak. Ya seperti mayat hidup itu.😛

Yang jelas rasanya sangat tidak mengenakkan, bisa sedih, marah, ngedumel terus. Apalagi jika blog yg disuspend merupakan blog kesayangan atau paling tidak sudah menjadi bagian dari hidup kita. Terlebih bila teman2 yang kita kenal di dunia maya, mengenal diri kita lewat blog. Apa jadinya bila blog anda menghilang? Andapun laksana hilang di telan harddisk.😀

Well, itulah sekelumit kisah pengalaman yang pernah terjadi sama blog aku dulu. Ya hitung2 mengenang blog benbego.wordpress.com yang dah dua kali di suspend. Rekor..!😀

Pertanyaannya, kenapa sebuah blog bisa di suspend? Tentu gak tiba-tiba begitu saja kan. Ada sebab ada akibat. Hukum alam kembali berlaku. So, let’s get to learn how to suspend your blog with easy. I Give you 7 step to suspend. Choose, where’s the best harakiri you’d like.😀

Cara Pertama:
Salah satu alasan kenapa blog aku disuspend dulu adalah karena aku malas membaca TOS (Aturan dan Ketentuan Selama Menggunakan Layanan Platform Blog WordPress.com). Masak begitu doang? Ya ngga dong.😀 Inti dari permasalahan kenapa semua blog kena suspend adalah karena melanggar TOS tersebut. Jadi, lakukan saja apa2 yang di larang oleh Matt dkk, dijamin tokcer. Klo gak kirim surat email ke Matt, bilang Matt sialan, brengsek, terserah dengan segala caci maki yang bisa kamu buat. Tentunya dengan bahasa inggris lho. Percuma klo marah2 dianya gak ngerti.! OON Master.😀

Cara Kedua: Ini masih berkenaan dengan poin pertama. Sejujurnya dulu aku heran, kok bisa2nya mereka mengendus segala aktivitas ilegal kita. Jadi, cara mempercepat suspend blog anda adalah menulis artikel seputar kegiatan ilegal. Bahkan terlarang. Pernah satu kali adik aku mendapatkan keyword sadis kayak gini ”cara membunuh bayi”. Wow, yang jelas itu keyword gak ada hubungan sama sekali sama blog. But, that’s the top title. Klo kamu nulisnya dalam bahasa inggris yang jadinya berbau kriminal, pasti deh kena suspend. Orang indonesia, aku yakin gak ada. Mudah-mudahan aja.😡

Cara ketiga: Posting artikel yang kira2 melanggar hak cipta. Ini aku rasa menduduki peringkat nomor wahid untuk urusan suspend. Blog aku kenanya dulu berkategori seperti ini. Katanya banyak aktivitas download yang link downloadnya itu amat sangat melanggak ketentuan hak cipta. Aku kasih contoh deh. Tulis di judul artikel ”Download Harry Potter The Deadly Hallows”. Dijamin, blog kamu akan tewas seketika seiring munculnya aktivitas download. Kok seiring ya? Jelas. Judul artikel seperti itu tak kan berarti apa2 bila tidak ada file yang di unduh. Mudah kan? Klo kasusnya aku tidak ketauan artikel mana yang menyebabkan disuspend. Soalnya ada banyak link downloadnya. Satu hal lagi, kebanyakan kasus suspend dengan tersangka link download terletak pada judul yang dikenal luas. Harry Potter. Siapa yg gak tau? Nah, yg seperti ini bakal kemungkinan kena.

Cara Keempat: Seharusnya ini masuk ke cara ketiga. Biar pas aja dengan angka 7, jadi dibanyakin.😀 Ini adalah contoh dimana suspend kedua terjadi pada blog ku dulu. Setelah pengalaman pertama disuspend, membuat aku extra hati2 dalam membagi file apapun. Bahkan merahasiakan link download dengan menggunakan kode khusus atau petunjuk tersembunyi dimana bisa mendownload file yang kita publish beritanya. Namun, namanya juga manusia, suka alpa dan kadang ceroboh. Jadi kena suspend lagi deh. Untuk satu ini aku yakin karena aku posting artikel dengan tema ”Download Antivirus Paid Complete”. Yang jadi masalah adalah kata Antivirus Paid. Berarti sesuatu yang harusnya didapatkan berbayar tapi bisa didapatkan secara gratis. Well, ini setidaknya jadi petunjuk untuk anda gimana tehnik suspend nantinya. Silakan di coba klo berani.😀

Cara Kelima: Posting gambar Porno, Cewek bugil, telanjang dan sebagainya. Ya, Cara ini juga sangat manjur dan sekaligus akan banyak yg menghujat blog anda. Cara yg mungkin bisa dipake ini mengambil asas akibat dan bukan manfaat. Kecuali kalau anda OMES (otak mesum). Maaf, klo ada yg nyasar kesini karena ada kata2 unik diatas. Makanya tidak heran banyak blogger yang mencantumkan keterangan seputar gambar yg dipostingnya apakah termasuk kategori pornoaksi atau bukan. Klo memang ya, mereka tidak segan2 untuk segera menghapusnya. Well, ini juga jadi cara jitu tuh untuk menghindari suspend secara sepihak.

Cara Keenam: Ikut Kompetisi Traffik. Sebenarnya ragu untuk yg satu ini tapi karena melihat kenyataan yg pernah terjadi, rasanya patut juga diwaspadai. Saat blog saya disuspend, saya juga cari2 informasi bagaimana menangani blog yg terkena suspend. Dan dari sana juga banyak melihat sebabnya disuspend. Dulu sempat terkenal dengan Ngadu-trepik2007😀. Banyak blogger yg berlomba mengikuti ajang ini. Saya tahu platform wordpress memang ok untuk urusan seo. Tak heran semua berlomba2 untuk menduduki peringkat atas pada search engine google dengan keyword ngadut*k2007 (sorry edit, tar sangkanya saya juga ikutan lagi). Nahasnya hal ini diketahui pihak wordpress.com dan dikategorikan sebagai kegiatan terlarang. Ujung2nya, suspend masal pun terjadi. Saat ini juga masih banyak bermunculan ajang kompetisi adu keyword. Yang mau suspend cepat-cepat buruan aja ikutan kompetisi. Lagian kan ada hadiahnya lho.😀

Cara ketujuh: Nah ini yg rada unik. Karena kita yg meminta. Jadi suspend kali ini terjadi berdasarkan laporan yang dikirimkan. Jadi bisa aja berisi fitnahan atau juga benar2. gak ada yang tau kan. Masdhenk pernah ngalamin hal ini. Karena blognya seputar informasi lowongan pekerjaan, terus ada yang melaporkan kalau masdhenk ini melakukan kegiatan ambil untung dari blognya yang ada di wordpress tersebut. Seperti yang saya bilang tadi, wordpress memiliki seo terbaik dan hal ini memungkinkan blognya masdhenk untuk menduduki peringkat teratas di jajaran situs2 lowongan kerja yang sangat banyak jumlahnya. Adakah karena rasa iri? Sangat mungkin. Masalah itu selesai setelah masdhenk memberikan penjelasan pada staff wordpress. Klo gak salah si Mr.Mark yang waktu itu juga menanggapi email aku. Dan untungnya hanya peringatan terlebih dahulu.

Platform blogger.com sekarang juga memiliki fasilitas khusus seperti ini. Segala tindakan yang tidak disukai berkenaan dengan blog yg dikunjunginya, bisa dilaporkan ke blogger.com. Seperti misalnya ternyata situs yg dikunjunginya adalah situs porno, isinya fitnahan, caci maki kayak yg satu itu yang demen banget caci maki dan jelek-jelekin orang indonesia. Tau kan situsnya? Harusnya itu blog di suspend. Tapi blogger.com tidak melihatnya demikian. Entah sekarang? Mudah2an dah dibantai tuh blog.

Yang jelas, apapun bisa saja terjadi terhadap blog anda. Aku menginginkan agar hal ini tidak terjadi pada blog anda. Bagaimanapun blog adalah bentuk kreatifitas kita dalam mencurahkan segala aspirasi pendapat pikiran dan mungkin juga berbagi. Klo anda merasa menggunakan platform blog gratisan macam wordpress.com atau blogger.com dan mungkin juga lainnya kurang mengenakkan, terbatas atau dibatasi, kenapa tidak beralih menggunakan hosting berbayar. Selain lebih nyaman, tiada rasa takut karena disuspend, juga kita bisa bebas menentukan mau dijadikan apa blog ini. Bahkan anda bisa melakukan monetizing blog (mencari uang lewat blog anda) seperti aku sendiri dan kawan-kawan.

Kalau mau aman, jauhi cara2 diatas. Gunakan tehnik rahasia kalau mau nyebarin link download. Klo perlu tulis pake bahasa jawa, sunda, terserah. Atau pake kode khusus. Kreatif ya.

5 Tanggapan to “7 Langkah Sukses Suspend Blog”

  1. mumtazanas said

    Kalau langkah biar suspend-nya diilangin ada ga?
    Wah klo melihat tulisan mas rizki kayaknya blog sya juga rawan. Karena
    1. Belum pernah baca TOS secara lengkap
    2. Kriminal belum pernah
    3. Ada sebagian yang menyerempet2 sempat langsung disurati dari yang bersangkutan tapi dr wp-nya malah cuek2.
    4. Kalau saya triknya link download disisipkan di bagian komentar.
    5. Wah jangan sampai, tapi klo bikin wp org lain di suspend gara2 gambar porno saya sudah beberapa kali laporan ke wp-nya dan mereka mengucapkan terima kasih. Mungkin dg ini saya punya reputasi yg baik.
    6. Wah gimana tuh mas kompetisi trafik? Apa hadiahnya mas?
    7. Tapi kasusnya Masdhenk kayaknya berkaitan dg adanya org yg tdk suka dan membuat permintaan kpd wp utk mensuspend blog tsb.

    Saya penginnya beralih ke komersial blog mas, mumpung trafik nya sudah mendekati 7 digit. Sekalian nge-blog juga menghasilkan. Saya sementara ini pakai Ziddu tdk tahu apakah ini terlarang atau tidak pendapatannya juga masih kecil sekitar $15 sebulan, dulu pernah nyoba blogvertise tapi ada yg menyarankan hati2 akhirnya saya hapus setelah 20 hari.

    No.6 paling duit. Lumayan kan. apalagi klo traffik dah segitu gedenya. sayang lho. ziddu kan tempat sharing file. gak apa lagi.

    Untuk menangani kasus suspend yang jelas harus buru2 konfirmasi ke staff atau support wordpress.com. Tanya aja kenapa alasannya disuspend. Klo dah dikasih tau ya minta maaf aja, dan pura2 gak tau kl melanggar. Caper dikit. Biasanya klo sekali masih dimaklumin. Dg catatan setelah itu ya perbaikan disemua blog bergantung pada kesalahannya.

  2. van said

    😆 😆 😆 begitu ya? jadi tahu sekarang 😆

  3. jadi ngerti aku sekarang, barusan aja blogku di suspend, perkiraanku mungkin karena postingku mengenai ngaben ceremony yang bahas mayat dibakar

  4. aceng said

    wah.. iya oom aku juga pernah ngalamin di supen eh apa tadi suspend ya.. nah itu,,, aku sempet sutris om eh salah stress…akirnya bikin baru lagi tapi gini2 saya doyan baca om jadi tau deh caranya yang di impor itu loh om yang xml xml gitu pokoknya kita kita bisa mindahin semua isi blog lama ke blog baru,,,, tau kan om.. nah kalo yang belom tau tolong di kasi tau om saya gak pinter nulis kaya om sih jadi ya gini deh om maklum sekolahan saya dulu gentengnya bocor (apa hubungannya ya..?)

  5. mamas86 said

    Teruis cara mengembalikannya gimana…? Help me… Blog saya lagi kena suspend dari wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s