Riziq Aje

Just me and all

Panduan Adaptasi WordPress Baru

Posted by Rafie pada April 10, 2008

Setelah berkeliling (blogwalking..!๐Ÿ˜€ ) ke berbagai blog, saya menemukan komentar yang senada. WordPress baru bener2 membingungkan. Sekalipun sudah biasa, tapi pas login ke wordpress.com saya banyak menemukan suasana dan hal2 baru. Banyak perubahan. Bagi yg baru masuk ke dashboard akan terasa bingung dan perlu waktu untuk bisa beradaptasi secara normal. Sampai saat panduan ini saya tulis, saya juga belum memutuskan untuk mengupgrade wordpress 2.3.3 yang telah terinstall di benbego.com. Mungkin saya test dulu di blog lain seperti benshared.com

Yang jelas saya akan mengexplore terlebih dahulu seperti apa wordpress 2.5 ini. Namun tidak melewati blog saya yang di benrizki.wp.com tapi langsung coba mengupgradenya di virtual domain dan hosting yang saya buat dengan nama benbego.com juga. Tentunya dengan IP localhost dong dan tidak sedang online. (kepikiran duiid, klo online via warnet jadi mubazir waktu.. yg begini kan jadi gratis. Lagian kan tutorialnya dah pernah aku buat dulu.)๐Ÿ˜€

OK. Jujur, penampilan baru wordpress lumayan fresh. Evolusinya cukup jauh. Sebelumnya kan monoton. Begitu2 aja. Dari ngubek sana sini ternyata ada dua poin utama yang perlu di perhatikan. Baik berbayar atau gratis poin tersebut ada pada penambahan database baru serta perpindahan menu dan submenu yang ada di dashboard. Kalau blog anda gratisan tentu penambahan database ini terjadi secara otomatis dan tidak terlihat, beda dengan yang punya hosting sendiri dan perlu usaha upload terlebih dahulu untuk mengupgradenya. Syukur2 bila fantastico sudah menyediakannya, tinggal klik, selesai deh urusan.

Perhatikan saja saat anda masuk dashboard. Terlihat bagaimana kolom2 berjejer memanjang kebawah. Semua terangkum menjadi satu. Blog Stat, recent comment, incoming links, plugin, dan masih banyak lg.

Untuk mempermudah dan biar gak lebih pusing, saya hanya akan memperingkas saja, point2 mana saja yang perlu anda ketahui dan perlu anda setting supaya perjalanan anda mencari kepuasan dalam ngeblog dapat terpenuhi dan bukannya malah BT. Tentunya dari berbagai segi untuk memaksimalkan kemampuan blog anda.

Saya anggap anda sudah memiliki account blog wordpress.com atau juga sudah mengupgrade blog wordpress anda.

Untuk awal kita login dulu. Anda akan dihadapkan menu control panel (dashboard) yg baru. Pada bagian ini kolom yang ada masih standar, penambahan hanya pada kolom stat yang kini bisa terlihat langsung di depan. Berbeda dg bila anda hosting sendiri. Stat ini adalah plugin tambahan yg perlu di install terlebih dahulu. Bila belum tentu tak akan ada.

Menu write atau tulisan.

Pada bagian ini perubahan cukup drastis. Banyak yg berpindah. Sebagian besar menu kolom yang ada di sidebar kanan sebelumnya kini berpindah ke bawah Text Editor. Kecuali menu publish masih tetap dikanan. Menu timestamp kini menjadi satu dengan publish status. Anda akan menemukannya dengan nama link edit di atas kolom save.

Diatas Text Editor juga ada menu tambahan (sebenarnya bukan tambahan tapi pindahan dari kolom yang ada di bawah text editor) yaitu add media. Anda bisa menambahkan atau memasukkan gambar, video, audio atau media lainnya melalui menu tersebut.

Satu lagi perubahan yang perlu anda tahu, menu blogroll atau add link kini berpindah dibawah komando menu Write (submenu) dan juga ada di submenu Manage atau Kelola. Jadi tak kan anda temukan lg di menu utama.

Menu Manage atau Kelola

Ada yang unik nih pada submenu post. Menu View Edit Delete menghilang? Bener gak sih. Tidak. Ternyata semua menu tersebut hanya berpindah mengikuti atau terintegrasi langsung dengan fungsi lain. Sebagai contoh, dulu ada kolom title tanpa link. Sekarang pada title postingan kita tersebut disisipi link. Fungsinya ternyata untuk edit post.

Menu view kini juga digantikan sebagai published (status) dan bisa anda lihat di kolom paling kanan. Yang lain saya rasa masih sama. Hanya perlu explorasi sedikit.

Menu Design (Sebelumnya Presentation)

Pada bagian ini, untuk anda saya rasa perlu sedikit perhatian lebih. Kita fokuskan pada submenu Widget. Karena di submenu widget ini perubahan yang terjadi cukup extrim. Dulu, saat kita masuk menu widget, kita akan melihat kolom sidebar arrangement. Sekarang sudah tidak ada kolom sidebar, baik satu atau dua. Yang unik, kita tidak perlu lakukan drag n drop lagi seperti sebelumnya. Tapi cukup, klik..klik. Selesai deh. Lebih praktis.

Yang perlu diperhatikan ada pada Current Widgetnya yang terletak disidebar kanan. Bila themes wordpress anda mendukung dua sidebar, anda perlu mengganti pilihan di Current Widget apakah akan meletakkan pilihan widget anda pada sidebar 1 (main Sidebar) atau sidebar 2(right sidebar). Lalu tinggal klik add pada pilihan widget anda.

Setelah itu widget anda otomatis akan masuk ke dalam kolom sidebar pilihan anda. Silakan lihat di sidebar kanan. Yang berwarna biru itulah kolom widget yang telah terinstall. Silakan klik edit untuk melakukan perubahan ataupun menghapusnya. Yap, yang berubah ternyata hanya pada tempat dan caranya saja. Fungsi dasarnya masih sama seperti sebelum berganti dengan WP baru ini. Jangan lupa, klik Save Changes untuk perubahan terakhir.

Menu Comments atau Komentar

Pada sebagian blogger, sempat bingung untuk melakukan edit komentar. saya pun juga. Setelah saya cari ternyata ada pada nama pengomentar. Jadi tinggal klik saja nama pengomentar, selanjutnya akan muncul halaman edit beserta text editornya. Untuk yg lain saya rasa anda juga sudah tahu.

Itulah empat menu utama yang ditawarkan oleh WP baru. Yang lainnya berganti nama. Options kini menjadi Setting atau Penataandan terpisah. Ada di ujung kanan dari menu2 yg lainnya. Menu My Profile menghilang dan kini masuk (berpindah) ke dalam menu user. Nama, contact info bisa anda dapatkan melalui menu Your Profile di Menu User. Jangan lupa pada bagian contact info, isi dengan lengkap kolom email dan website. Penting dilakukan agar setiap nyamvah (komentar di blog orang lain), kolom komentar akan terisi secara otomatis. Bila dibiarkan kosong, well anda kehilangan kesempatan untuk mendapat kunjungan balasan.

Selesai.

Untuk yg lain saya rasa anda bisa melakukannya sendiri. Sekali lagi ini cuma soal kebiasaan saja dan sedikit waktu untuk mau mengexplorasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s