Riziq Aje

Just me and all

Memilih Nama Domain

Posted by Rafie pada April 9, 2008

Memilih Nama Domain
Memilih nama domain saat ini susah-susah gampang. Karena saat ini sudah jutaan bahkan ratusan juta nama domain terdaftar. Ingat, nama domain merupakan kata kunci utama untuk mengoptimalkan promosi di search engine. Untuk memudahkan anda saya berikan sedikit petunjuk bagaimana menamakan domain untuk blog anda:

  1. Untuk personal blog kita bisa menggunakan nama kita sendiri. Baik satu kata maupun semuanya. Namun lebih baik gunakan satu kata saja bila ada.
  2. Usahakan nama domain sependek mungkin atau tidak lebih dari 20 karakter (pendek). Contoh: blog kawan saya Moh Arif Widarto dengan domainnya kombor.com. Pendek kan.
  3. Usahakan juga untuk mudah diingat. Contoh: www.google.com. Mudah di ingat kan. Ingat, kecenderungan pengunjung web malas menuliskan nama domain blog atau web yang panjang-panjang.
  4. Buatlah nama domain yang unik. Nama domain juga bisa dipilih dari kombinasi nama, arti atau makna yang terkandung dari nama domain tersebut. Bisa berasal dari bahasa apa saja atau apapun yang kita sukai. Contoh: blog benbego.com. Benbego memiliki arti biar jadi bego. Awalnya pake nama ini hanya karena isenk dan sering di demo. Katanya menyalahi aturan. Tapi keren kan. Jadi unik dan nyeleneh dot com. Nah, ini domain juga tuh.
  5. Nama domain harus mudah di tulis. Lihat aja contoh disini. Ada yang susah gak?
  6. Buat nama domain sesuai kebutuhan. Kalau mau buat domain bisnis ya pakai juga kata yang berbau bisnis (kalau masih ada lho). Misal: www.portalbisnis.com.
  7. Hindari nama domain yang nyerempet2 dengan hak cipta orang lain. Misal http://www.extrajozz.com atau http://www.muztikaratu.com. Dijamin pasti dituntut sama yang punya merk.
  8. Jauhi tanda penghubung dan angka. Misal iklan-baris.com dan adsense99.com. Kalau memang gak ada lagi ya terpaksa deh. up2u.
  9. Nama domain bersetting keyword. Untuk yang satu ini memang di niatkan untuk target tertentu. Misal untuk MFA (Made For Adsense), dll. Contoh: http://adsense.benbego.com dengan target keyword “adsense”, atau http://download.benbego.com dengan target keyword “download”. Contoh di atas adalah nama subdomain dari benbego.com. Anda bebas membuatnya sendiri sesuka hati anda. Hanya saja bila anda memilih keyword tertentu untuk nama domain utama anda rasanya akan sulit karena biasanya nama domain pilihan anda sudah terdaftar alias sudah ada yang punya. Alternatifnya gunakan kombinasi dengan kata lainnya.
  10. Saya tahu sebagian orang suka mendaftarkan domainnya dengan akhiran .info karena memang lebih murah. Namun saya sarankan selalu gunakan akhiran .com karena ia lebih baik dari semua TLD (Top Level Domain) seperti .net, .info, .biz, dll. Lagipula kalau domain .info murahnya cuma setahun itu saja, tahun berikutnya ya sama saja dengan yang lain.
  11. Kalau ada nama domainnnya yang mengikuti semua kaidah diatas. Simplenya cari yg pendek, gampang diingat, unik, mudah ditulis dan keyword targeted.

Satu Tanggapan to “Memilih Nama Domain”

  1. Selain kombor.com ada juga suaraku.com, PR4. Ada yang tertarik nggak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s