Riziq Aje

Just me and all

FAQ PCMAV Terbaru Versi Benbego.com

Posted by Rafie pada Maret 19, 2008

New PCMAV 1.2 Release Today 23 April With the newest update build 1 integrated with clamav update complete. Visit or choose the link below to get more info’s.

1. Benshared.com
2. Download.benbego.com

FAQ PCMAV Terbaru Versi Benbego.com

FAQ atau tanya jawab tentang pcmav ini bukanlah faq yang terdapat disitus resminya yaitu pcmedia.co.id atau virusindonesia.com. Sama sekali saya tidak ada hubungannya dengan mereka2 ini. Saya sama dengan anda, sebagai pengguna. Hanya saja saya secara rutin turut membantu sharing info seputar pcmav atau antivirus lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi semua orang terlebih bila ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Saya menyadari dalam beberapa kesempatan, semua pesan atau komentar yang masuk tidak bisa saya balas. Mengingat kendala waktu dan koneksi yang terbatas. Harap maklum karena untuk saat ini saya posting artikel hanya sesempatnya saja bila ada waktu ke warnet. Tentunya akan perlu waktu lama bila harus membalas semua komentar.

Namun demikian dari semua komentar yang saya baca semuanya bernada sama, atau paling tidak mirip dan berada dalam satu keyword yaitu masalah. Ya, banyak masalah dan yang dicari tentunya adalah solusi. Baik soal sepele sampe yang bener2 teknis dan perlu perhatian extra. Kalo sudah begini, sayalah yang sebenarnya pusing.

Dengan segala keterbatasan saya dan demi kemudahan semua pembaca maka saya sedikit mengulangi kembali artikel yang pernah saya post dan disesuaikan dengan update terbaru pcmav sekarang. Termasuk semua link downloadnya. Karena cukup banyak juga yang terus saja beralasan susah, bingung atau apalah namanya.

Kalau masih baru saya maklum. Mudah2an setelah baca ini semuanya jadi lebih jelas. Tentunya dari sudut pandang saya sebagai pengguna dan bukan pembuat apalagi pengembang. Jadi ini semua adalah pendapat pribadi berdasar pengalaman selama memakai pcmav dan antivirus lainnya.

Semua jawaban yang diberikan akan berkaitan dengan blog ini.

Tanya 1 : Dimana saya bisa mendownload PCMAV terbaru?

Jawab: Anda bisa mendapatkannya melalui blog ini. Ada empat jalur informasi yang selalu saya bagi tentang pcmav terbaru. Melalui blog ini benbego.com, download.benbego.com, atau pcmav.benbego.com yang khusus untuk materi pcmav ini. Terakhir melalui jalur milis benbego@yahoogroups.com Di milis ini anda bisa mendapatkan beragam info download terbaru, termasuk didalamnya pcmav ini. Silakan saja join melalui gambar di samping kanan ini yang bertuliskan yahoogroups.com

Tanya 2: Kapan saja pcmav mengeluarkan update terbarunya?

Jawab: tidak tentu. Tergantung atau sesuai kesanggupan mereka saja dalam hal ini pcmedia. Update biasanya keluar setelah beberapa virus bisa mereka tangani. Umumnya terdiri dari 5-15 virus dan dikompresi dalam bentuk file .vdb atau berarti virus data base. Untuk pcmav terbaru yaitu pcmav 1.1 updatenya kini bernama PCMAV.vdb.

Tanya 3: Bagaimana cara mengupdate PCMAV?

Jawab: Cukup mudah. Setelah anda mendownload update terbaru, silakan letakkan dalam folder yang sama dimana pcmav utama (pcmav-cln dan pcmav-rtp) berada. Secara otomatis pcmav tersebut telah terupdate. Begitu juga seterusnya bila ada update terbaru. Tinggal direplace saja atau ganti saja dengan yang terbaru.

Tanya 4: Bagaimana cara mengupdate PCMAV dengan engine dari CLAMAV?

Jawab: ClamAV (www.clamav.net) merupakan program antivirus opensource untuk Unix yang berlisensi GPL. Penggunaan double engine ini bertujuan agar hasil pendeteksian virus bisa didapat lebih banyak agi. Database dari ClamAV sendiri saat ini mencapai 200.000 virus lebih. Tentu saja konsekuensi logis dari besarnya database virus ini adalah lebih lamanya proses pendeteksian dibanding tanpa engine ClamAV, tapi tentu hasilnya pun lebih meyakinkan. Untuk itu dibutuhkan beberapa file library (libclamav.dll, pthreadVC2.dll, libclamunrar.dll, dan libclamunrar_iface.dll) dan dua file database virus (main.cvd dan daily.cvd) yang nantinya diletakkan ke dalam folder yang sama di mana folder PCMAV berada. Untuk lebih jelasnya, dalam mengintegrasikan ClamAV ini ke dalam PCMAV, berikut urutan langkah-langkahnya:

1. Prosedur penginstalan library ClamAV
A. Download file “clamav-win32-vc6-0.92.7z” dari alamat berikut:
http://oss.netfarm.it/clamav/files/clamav-win32-vc6-0.92.7z

B. Setelah Anda mendapatkan file “clamav-win32-vc6-0.92.7z” hasil download tadi, lakukan ekstrak beberapa file berikut ke dalam folder di mana PCMAV Cleaner/RTP berada:
– libclamav.dll
– pthreadVC2.dll
– libclamunrar.dll
– libclamunrar_iface.dll

* 7z merupakan file archive 7-Zip. Gunakan program 7-Zip melalui:
http://www.7-zip.org atau bisa juga winrar.

2. Prosedur penginstalan database virus ClamAV
A. Download dengan menggunakan download manager file database
harian dari alamat berikut ini:

http://db.local.clamav.net/daily.cvd

CATATAN: Jika dengan cara penunjukan langsung alamat seperti di atas browser Anda gagal men-download kedua file tersebut, maka masuklah ke situs http://www.clamav.net, lalu tepat di bawah judul “Latest releases” terdapat link “daily.cvd”. Anda tinggal meng-klik kanan link tiap file tersebut, lalu pilih “Save Target As atau Save Link As bila browser anda firefox”.

B. Tempatkan file “daily.cvd” tersebut beserta file “main.cvd” ke dalam folder di mana PCMAV Cleaner/RTP berada.

3. Setelah semua prosedur diatas dilakukan, pastikan bahwa pada folder PCMAV telah terdapat 7 (tujuh) buah file, yaitu:

1. PCMAV-CLN.exe ==> hasil ekstrak download
2. PCMAV-RTP.exe ==> hasil ekstrak download
3. README.TXT ==> hasil ekstrak download
4. libclamav.dll ==> hasil ekstrak download
5. pthreadvc2.dll ==> hasil ekstrak download
6. libclamunrar.dll ==> hasil ekstrak download
7. libclamunrar_iface.dll ==> hasil ekstrak download
8. main.cvd ==> hasil download
9. daily.cvd ==> hasil download

Sekarang Anda jalankan PCMAV-CLN.EXE, apabila ClamAV tersebut berhasil diintegrasikan oleh PCMAV maka akan tampil informasi mengenai database ClamAV pada kolom “PCMAV Informations”. Dan Anda sekarang dapat menggunakan PCMAV seperti biasa (termasuk RTP), tentunya dengan database virus yang lebih banyak.

Log yang terjadi apabila sukses terupdate:

PCMAV Version : 1.1
Engine Version : 1829
Virus Signature : 231.002+7 viruses
DLL Engine Integrated : Yes
ClamAV Integrated : Yes
ClamAV Activated : Yes
CVD Version : [Main: 45; Daily: 6229]
CVD Date Created : [Main: 09 Dec 2007 ] — [Daily: 19 Mar 2008]

Tanya 5: Bisakah PCMAV melakukan update secara otomatis?

Jawab: Tidak benar2 otomatis. PCMAV senantiasa memakai jalur koneksi internet untuk memeriksa apakah ada update terbaru. Bila ada, akan ada pemberitahuan atau link dimana kita dapat mengambil update terbaru tersebut. Lebih tepat update ini saya sebut manis. Manual otomatis.πŸ˜›
Tanya 6: Kenapa PCMAV Kadang terdeteksi sebagai Virus?

Jawab: Banyak alasannya. Tapi paling sering itu cuma false alarm saja. Well, tidak semua antivirus mau menganggap pcmav sebagai antivirus juga. Database virus yang dimilikinya membuatnya lebih mudah dijadikan sebagai tersangka bahwa pcmav itu virus. Tapi saat ini pcmav sudah lebih baik. Dari uji coba, Ansav dengan versi E v.2.3.9, AVG dengan update februari lalu, pcmav bebas dari tuduhan virus. Justru malah Ansav yang dituduh virus oleh avg. Ini juga bukan salah ansav. Karena kebetulan ansav terkena virus Cekar yang mendompleng semua file bertipe program .exe. Untungnya sudah bisa dibantai habis dengan AVG. Jadi baik PCMAV, AVG maupun ANSAV sepertinya sudah saling mengerti. Untuk anda pengguna ansav portable, pcmav dituduh sebagai virus mrcoolface. Entah yang lain. Jadi pada dasarnya, gak masalah. Non aktifin aja dulu antivirus lain klo mau pake pcmav.
Tanya 7: Kenapa PCMAV tidak bisa membasmi virus tertentu?

Jawab: Banyak orang yang tidak memahami tentang pcmav ini. Mereka menganggap pcmav adalah segalanya sehingga sangat bergantung pada mahluk satu ini. Tidak salah sih. Karena pcmav sudah cukup ok. Tapi pcmav juga punya keterbatasan. Ia tidak selalu bisa mengenali virus yang sedang menteror komputer anda. Mengutip file readme download pcmav “Agar pembasmian virus dapat dilakukan secara tuntas, maka PCMAV dirancang secara akurat dan pasti hanya untuk mengenali virus komputer yang telah ada dalam koleksi virus komputer di Lab Antivirus PC Media. Untuk menghindari kesalahan pendeteksian dan pembersihan, maka hasil modifikasi dari sebuah varian virus akan menyebabkan PCMAV tidak mengenal virus tersebut. Begitu pun dengan virus-virus baru yang selalu bermunculan. Untuk itu, silahkan kirim dalam format ZIP yang ter-password melalui e-mail ke redaksi PC Media beberapa contoh file yang Anda curigai bervirus. Setelah mereka (bukan aku) berhasil menganalisanya (dan ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar), mereka akan mengeluarkan update untuk virus tersebut secara online.”

Jadi jelas kan! Report, wait, see, you get the update to clean the new virus. Seperti inilah alur yang dimiliki pcmav. Berbeda dengan antivirus lainnya yang memiliki kemampuan lebih baik bahkan “sangat” macamnya Norton antivirus, Kaspersky Internet Security, Mcafee, dll.

Tanya 8: Kenapa kok PCMAV lambat banget jalannya?

Jawab: Alasan klasik. Keberatan. Saya selalu mengumpakan pcmav ini dengan perut manusia. Perut bila di isi terus menerus akan menjadi kembung, gendut, mirip orang hamil, duarrr, akhirnya gak bisa jalan karena kekenyangan. PCMAV juga begitu. Updatenya terus bertambah. Belum lagi dengan tambahan update CLAMAV spt diatas. Akan semakin lama dan lambat. Inilah kekurangannya. Untuk update lengkap saja kita harus numpang pinjam engine antivirus lain. Jangankan pcmav, coba deh Norton. Lambat namun pasti. Yang penting maknyus lah!

Kesimpulan:

Apapun antivirus yg anda gunakan tidak dapat menjamin bahwa data anda benar2 aman dari gangguan virus. Hanya saja dg adanya antivirus setidaknya mengurangi resiko hilangnya data, atau rusaknya sistem komputer anda. Pilihan antivirus yg baik tentunya bergantung pada kebutuhan. Keamanan data yg anda harapkan jg bergantung pada tingkat usaha dan disiplin yg baik. Dan itu ada pada Anda. Bukan programnya.

Artikel ini ngga mutlak bener. Ini penilaian sebatas kemampuan otak pribadi aja yang sedikit error. Jd, saran, PR, kritik dan kripiknya boleh dikirim ke aku. Ngga usah sungkan.πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s