Riziq Aje

Just me and all

Studi Kasus Mencari Files Apapun di Google

Posted by Rafie pada Januari 25, 2008

Sebelumnya kita dah mengenal berbagai simbol yang biasa digunakan dalam search engine terlebih di google. Namun demikian masih banyak operator2 lain yg bisa kita gunakan dalam mencari file apapun yg kita inginkan.

Untuk saat ini mungkin ada beberapa di antara anda yg sudah sering memakai operator macam yang akan kita bahas selanjutnya. Namun demikian kali ini adalah petunjuk langsung bagi yg belum pernah menggunakan atau baru mengenal cara ini. Dan semua cara ini adalah yg biasa saya pakai. Jadi akan lebih mempermudah anda dalam mencari file apapun di belantara internet.

Google memiliki database yang luar biasa lengkapnya. Dia memiliki engine yang sulit kita mengerti. Googlebot, pagerank, advanced search, bla bla bla, whatever. Pokoknya kita tinggal pake aja dg apa yg google punya. Ada yang mudah kenapa harus repot. ya nggak?😀

Sebagian besar file yang kita cari berada pada sebuah directory web server. Karena itu string spesifik yang biasa dipakai adalah “index of”, “last modified”, “parent of”, dst. String ini biasa kita temukan pada sebuah directory listing yang ada di web server (tempat web kita bernaung / host). Directory listing itu adalah fitur dari web server yang dapat menampilkan isi suatu direktori. Jadi yang akan kita lakukan adalah usaha untuk mencari serta menampilkan isi direktori yang kemungkinan ada file yg kita cari.

Berikut adalah operator atau string google search yang perlu anda kenali:

– index of: Untuk Menampilkan directory listing pada web server.
Keyword: index of:Adsense
Keyword tersebut akan mencari directory listing web server yang mengandung kata “Adsense”

– limitors: digunakan untuk menyaring result yang kita inginkan dari page yang tidak diharapkan . Karena biasanya directory listing ini adalah sebuah direktori alias tidak ada ekstensi maka kita harus menyaring result yang memiliki ekstensi umum seperti html , php , htm , asp dan sebagainya.

– intitle: Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web.
Keyword: intitle:Lowongan Kerja
Keyword tersebut akan mencari judul halaman “Lowongan” dengan deskripsi “Kerja”

– allintitle: Untuk mencari kata-kata dari judul halaman web secara lengkap.
Keyword: allintitle:Lowongan Sekretaris
Keyword tersebut akan mencari judul halaman yang mengandung kata “Lowongan” dan “Sekretaris”

– inurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu.
Keyword: inurl:Lowongan CPNS
Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Lowongan” dengan deskripsi “CPNS”

– allinurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu.
Keyword: allinurl:Lowongan Kerja
Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Lowongan” dan “Kerja”

– site: Untuk mencari dalam suatu situs tertentu saja
Keyword: site:echo.or.id
Semua pencarian hanya berdasarkan site “echo.or.id”

– cache: Ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah dicache.
Keyword: cache:echo.or.id
Misalkan site aslinya sudah tidak aktif, anda tetap dapat melihatnya pada snapshot/cache yang disimpan oleh Google.

– define: Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa.
Keyword: define:hacker

– filetype: Jika kita mencari jenis file tertentu yang berisi informasi yang anda inginkan kita bisa menggunakan operator ini.
Keyword: “bisnis” filetype:pdf
Sampai tulisan ini dibuat google support tipe file
# Adobe Portable Document Format (pdf)
# Adobe PostScript (ps)
# Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
# Lotus WordPro (lwp)
# MacWrite (mw)
# Microsoft Excel (xls)
# Microsoft PowerPoint (ppt)
# Microsoft Word (doc)
# Microsoft Works (wks, wps, wdb)
# Microsoft Write (wri)
# Rich Text Format (rtf)
# Shockwave Flash (swf)
# Text (ans, txt)
Ref: http://www.google.com/help/faq_filetypes.html

– link: Untuk mencari tahu berapa banyak link ke suatu situs, kita bisa menggunakan operator link.
Keyword: link:www.google.com

– related: Untuk mencari halaman yang isinya mirip dengan URL tertentu.
Keyword: related:www.google.com

Setelah kita mengenali operator tersebut, kini yang perlu kita pelajari adalah format susunan menggunakan operator tersebut supaya pencarian kita tidak bertele-tele. Walaupun operator di atas tersebut sudah bisa digunakan, hasilnya tentu belum bisa di jamin. Karena masing2 punya fungsinya tersendiri. Karena itu kita perlu format tambahan atau gabungan. Sehingga dg gabungan operator tersebut pencarian akan semakin di persempit. Klo dah sempit tentu akan semakin enak kan. ups! Maksudnya semakin mudah didapat.😀
Format Umum yang biasa orang lain gunakan adalah tipe seperti ini:
Type 1 : [Directory String] + (inurl:)[file type] + [Nama File]
Type 2 : [Directory String] + (intitle:)[file type] + [Nama File]
Type 3 : [Directory String] + (intitle:)[file type] + [Nama File] + [limitors]
Type 4 : [Directory String] + (intitle:) + /[Nama File]/
[Directory String] merupakan string spesifik yang biasa kita jumpai di awal list . Ada beberapa yang bisa digunakan seperti : “index of”,”last modified”,”parent of” .

Ok. Sudah cukup teorinya. Saatnya SON (Searching Online Nyata) < Mo nyaingin KKN.😛

Mencari File Multimedia

Multimedia tentunya akan banyak jenisnya. Bisa file (filetype) MP3, 3gp, mpeg, vob, wma, mp4, midi, flv, atau file gambar .jpg, .jpeg, .gif, psd dll. Bila sudah mengetahui jenis file yang anda inginkan selanjutnya kita perlu menggunakan string spesifik yg telah kita pelajari tadi.
Sebagai contoh saya akan mencari sountrack atau Ost dari Naruto. Apa saja kemungkinan yang perlu kita catat. Pertama siapa penyanyinya. (klo tau lho). Naruto kalau tidak salah adalah Toshiro Masuda. Jadi Si Toshiro ini juga bisa jadi keyword. Kedua bisa dari judul lagunya. Biasanya ada dua versi. English dan Jepang. Klo mau tau bedanya liat aja deh posting berikutnya. Nanti aku upload list hasil searchnya. Ketiga bisa dari tipe filenya. MP3 dan kawan2. kira2 aja deh. Ada apa ngga. Terus format yang biasa di gunakan adalah type ke 2, 3 dan 4. Jadinya seperti ini:
Tipe ke 2 = intitle:index.of + .mp3 + Naruto
Tipe ke 3 = intitle:index.of + .mp3 + Naruto + -html -php -htm -asp
Tipe ke 4 = intitle:index.of + /naruto/

Adapun query yg saya pakai seperti ini = (?intitle:index.of? .mp3 naruto) atau ini (?intitle.index.of? /naruto/). Kok beda tipis ya? Meneketehe…!😀
Sorry bro. Aku lupa kenapa query yg aku pake rada beda dan pake tanda tanya pula. Ada yg tau?
Perintah pada tipe ke 2 maksudnya meminta pada google untuk mencari file naruto yang bertipe mp3 pada directory listing web server. Karena itu saya tambahkan titik pada tipe file. Bila tidak ada titik google hanya mencari directory yg mengandung kata mp3 dan naruto. Dan hasilnya biasanya lebih banyak fake alias paselu.😀 Umumnya berupa url yg bertipe file html php htm dst.
Karena itu pada tipe ke 3 ada penambahan -html -php -htm -asp. Maksudnya semua link jenis ini ditiadakan. (tanda minus = kecuali atau dibuang aje). Hasilnya jadi lebih bersih. Namun bisa juga jadi nol hasilnya. Yap, tersaring bersih. Klo ngga ketemu yg dicari ya jangan nangis.😀
Tipe ke 4. Ini favorit ku. Lebih cepat ketemu. Maksudnye saya minta sama google untuk mencarikan direktori yang ada kata narutonya. Direktori di web sama dengan folder di komputer kita. Jadi umumnya bisa dapet satu paket klo pake cara ini. Dari ujicoba ini kita malah bisa merembet menemukan lagu2 atau hal lainnya. Bahkan hal2 yg tak terduga. Misal cari mp3 malah ketemu ebook harga ratusan dollar atau film “di balik teduhnya neraka (ne’ ra ketemu tuku ae)”.:mrgreen:

Mencari File Dokumen

Tipe2 dokumen juga dah jelas. Coba deh lirik keatas. Kasusnya masih sama dg yang multimedia. Dokumen, klo favoritku berarti jatuh pada file semacam ebook. Dan umumnya aku pilih yg pdf. Diantara anda mungkin lain. Bisa cari free ebook, buku tutorial, panduan, tips bisnis, Contoh surat Lamaran Kerja, Contoh CV, dll. Biar ngga pusing pastikan dulu apa yg anda cari. Dokumen kan banyak bro. Karena umumnya file dokumen di support sama browser internet macam internet explorer, mozilla firefox, opera, dll tentunya file tersebut bisa kita baca langsung tanpa perlu mendownloadnya.
Format yg sering dipakai:
Type 1 : [Directory String] + (inurl:)[file type] + [Nama File]
Ini yg sering dipakai. Menjadi inurl: .pdf + hacking atau juga inurl:”Contoh Surat Lamaran Kerja.doc” -html. Bahkan tanpa inurl pun anda juga bisa. Karena yg akan terjadi google akan mencari file bernama hacking.pdf dan Contoh Surat Lamaran Kerja.doc. Dari sini juga ada dua kemungkinan. Mungkin anda akan langsung menemukan link ebook hacking.pdf dan Contoh Surat Lamaran Kerja.doc yang langsung bisa anda baca atau download, dan mungkin juga anda cuma menemukan link url yang mengandung kata hacking dan pdf. Biar aman anda bisa menambahkan limitor seperti pada inurl:”Contoh Surat Lamaran Kerja.doc” -html biar link yg berextensi html, htm, php dll dibuang. Jadi pilih yg berextensi .pdf saja atau sesuai yg anda cari (bisa .doc, .rtf, .txt, dll). Oh ya, diatas juga ada tanda kutipnya. Tau kan kenapa? Klo ngga tau baca Pesugihan Mbah Google.

Klo anda tidak tau apa yg anda cari atau memastikan anda cuma mau cari ebook apapun namanya, well bisa di coba cara yang ke 4. Sama dengan sebelumnya. Yaitu ?intitle:index.of? /ebook/ atau bisa juga /ebooks/ atau /download/ atau /software/. Seperti yg saya bilang, sepinter-pinter kamu nya aja dalam memakai keyword (ganti yg dalam tanda slash aja).😀 Cara inilah yg saya pakai saat memposting halaman download dan free ebook. Saat ini cukup banyak web yg menutup directory listing mereka. Sehingga saat kita menemukan atau dapat mengakses directory listing target kita, kita bisa mendownloadnya. Namun keesokan harinya sudah tidak bisa. Karena itu aku sarankan, klo dah ketemu buruan aja deh ikutan slogan “buruan download gue”. Itulah kenapa aku posting judul yg sama waktu itu. lupa. Search aja klo mau.

Mencari File Software

Hmmm, klo software sebenarnya juga sama aja dg yg diatas. Untuk software paling yg aku butuhin adalah crack, patch atau reg key dari yg aku install. Saat ini situs2 background tempat program cracking bernaung banyak yg tewas. Walaupun ada beberapa diantaranya yg masih ada, namun aku ragukan dari segi keamanannya. Dan juga umumnya lebih banyak iklan parnonya. (Sorry klo ada yg bernama Parno)

Program crack dan kawannya tsb kadang juga terdapat pada directory listing. Makanya ada kemungkinan juga untuk bisa didapatkan. Dasar pemikirannya cukup sederhana aja. Jika aku punya program shareware dan sudah punya cracknya. Dan juga punya web host sendiri. Tentunya akan lebih mudah bila aku menyimpannya juga di web server tersebut. Jadi bila sewaktu2 dibutuhkan kembali aku bisa mendownloadnya. Bisa juga karena di niatkan untuk berbagi. Jadi sapa aje boleh make. (bae banget ya ni orang)😀. Sayang, itu bukan orang indo. Orang kita kebanyakan cari yg gratisan aja. Termasuk aku.😛

Jadi caranya sama aja. ?intitle:index.of? .rar atau .zip + nama file software. Contoh: aku cari Internet Download Manager. Mau seri berapa kek. Umumnya disingkat jadi IDM. Jadi query yg aku pake adalah ?intitle:index.of? .rar IDM. Silakan aja di test. Ada nggak?
Klo bener software ini yg kamu cari silakan aja search di kolom dg keyword internet download manager. Di situ ada updatean dari Om Tagor yang berbaik hati ngasih update an crack terbaru. Dia juga ngasih modul buat ngecrack software. Saat ini linknya dah ngga aktif lagi. Dan sampe sekarang belum aku pake. Belum fokus buat belajar ngecrack sih. Sorry bos. Perlu waktu nih.

Mencari File Apapun

Udah selesai. Pada dasarnya semua operator pencariannya sama. Yang membedakan cuma jenis filenya. Klo mau lebih jelas dan tau letak perbedaannya ya praktek dong. Coba ganti juga operatornya. Jangan intitle terus. Dengan cara ini file apa aja bisa anda cari. Keterbatasan cara ini adalah kita bener2 mengandalkan google sebagai executor. Tentunya hasil yang didapat bisa berbeda-beda. Baik waktu maupun tempat. Karena google juga senantiasa mengupdate databasenya. Lagi2 keluar deh kata mutiaranya “kesabaran”.😀

Yang terpenting dari pencarian ini dari aku pribadi terletak pada pinter2nya aja kita make keyword dan kesungguhan. Selama ini tak semuanya bisa berhasil. Karena saat ini sudah sedemikian banyak situs web yang fake alias palsu seolah-olah mereka punya yg kita cari padahal nonsen. Bila bertemu hal seperti ini anda harus mencoba semua format. Karena terkadang ada file yang cocok dg salah satu format sedang yg lain tidak.

Aku bilang kesungguhan juga bukan tanpa alasan. Banyaknya situs fake terlebih bila mencapai ratusan bahkan ribuan membuat kita berpikir ulang. Masih maukah kita mengecek directory listing salah satu web untuk memastikan bahwa file yg kita cari ada disana? Klo cuma puluhan sih masih sanggup tapi klo sampe ribuan mending berganti format pencarian aja deh atau memilih tidur.😀
Klo nanti ketemu koleksi yang lumayan yahud, bagi2 ya. Koleksi yang ku punya masih off nih. (komputernya masih mati n lon diperbaiki)

Artikel ini sebenarnya penulisan ulang saja dari artikel sebelumnya (google hacking tutorial) dan ini juga untuk memenuhi dahaga para pencari surga download yang kesulitan mencari file yg dicarinya.
Akhir kata, selamat berburu.

6 Tanggapan to “Studi Kasus Mencari Files Apapun di Google”

  1. djunaedird said

    Se-X-lagi Trims😀

  2. pikir pertamax taunya premium
    semoga blog ini bisa berkembang
    biarpun daku baru 1 bln puny blog tapi daku mau kasih saran (maaf, bukan do’ain lo) tapi kalo misalnya blog ini di suspend lagi pastikan tiap post ada salinannya entah itu .pdf .doc ato .html
    jadi misalnya kalo di suspend permanen kan bikin baru tinggal kopi paste.
    sekali lagi maaf lo kalo slh” kata

  3. yoto said

    Ga ngerti brooo… wuh, hardcore neh.. Eh iya, makasih dah mampir ke yoto.wordpress.com

  4. Kurt said

    WAAAH SALUT EUY PENGAMAT YANG TIDAK BIASA.
    Menambah perbendaharaan ilmu cari mencari. sepertinya adik saya yang kuliah di jur komputer tak secanggih njnengan …

    Jadi ingat *.dir kalau di dos

    “tidur” saya kelamaan yaa bos.. iyaa nih sekarang lagi siap2 mau mandi dulu… abis kebanjiran ..🙂

  5. NAH INI YANG SAYA CARI.. TERIMA KASIH..

  6. alfaroby said

    informasinya keren abis deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s