Riziq Aje

Just me and all

Yang Terlupakan Dari WordPress

Posted by Rafie pada November 20, 2007

WordPress, salah satu layanan blog gratis yang kita pakai saat ini (gue maksudnya, lo pake apa?) ternyata memiliki berbagai kelebihan yang sangat sayang untuk dibiarkan atau tidak digunakan. Apalagi klo anda pecinta blogging yang juga merangkap jd humas. Hubungan masyarakat sesama blogger.๐Ÿ˜€

Saya tidak akan membandingkan blog wordpress ini dg blog lain semisal blogspot, blogsome, frienster atau multiply. Masing2 punya kelebihan tersendiri. Untuk yg satu ini saya akan bahas nanti. (klo inget :P)

Dari sisi penggunaan sebenarnya wordpress sangat simple. Semua menu terakses dalam satu tempat. Berbeda dg yg dulu saat masih menggunakan sistem 2.2.2.Itu lho wordpress versi lama. Sekarang juga masih ada sih, apalagi klo yg pake hosting sendiri via fantastico dg cpanel jadul alias seri lama. Biasanya wordpress 2.2.2 yg dipake.

Yang kita pake ini sudah seri 2.3.1. Mendukung AJAX (ngga tau ini kue apa? ), Plugin automate, dll. Cukup banyak untuk sebuah blog. Themes yg variatif, cantik dan bisa diganti2 bannernya. Walaupun jatahnya cuma 50Mb, toh sampe sekarang banyak blog yg masih hidup. Lagi pula itu cukup kok untuk ribuan posting. Saya aja udah 100 post lebih 1Mb pun belum nongol! Jadi masih sisa banyak.๐Ÿ˜€

Satu hal yg saya nilai luar biasa adalah SEO nya. Mantap abis. Struktur url yg diberikan dari wordpress adalah seperti ini: http://benbego.wordpress.com/2007/11/19/the-truth-and-lies-of-911-video/

Nama subdomain.wordpress.com/tanggal post/judul artikel/ Tau ngga kenapa saya bilang mantap? klo ngga tau tanya asalmikir yg lagi cuti! Saya bilang mantap karena wordpress benar2 google friendly dalam hal search. Untuk blog yg baru lahir 27 september lalu ini saya rasa cukup luar biasa. Apalagi saya baru serius mengurus blog ini sejak 21 oktober lalu. Nanti saya posting deh benbego dari masa kemasa beserta gambarnya. Kembali ke persoalan.

Di wordpress kita ngga bisa memasukkan meta engine. Itu lho standar identitas web yg berisi title, keyword, deskripsi, bahasa yg dipakai, nama yg punya, dll. Klo mau cari deh situs web. Apa aja. Klo kamu pake browser firefox tinggal tekan ctrl+u. Atau lihat di menu view pilih page source. Untuk IE juga sama. Yang terlihat adalah bahasa pemrograman html standar. Lihat baris paling atas, ada sintaks meta…meta… dst.

Bagi sebuah situs web, hal ini penting. Karena jika googlebot atau bot lainnya memeriksa, jadi jelas. Dari sini datanya mereka simpan dalam database (telah ter index). Klo kata yg dicari adalah “benbego” maka situs yg memiliki keyword, title, ato deskripsi benbego lah yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Coba deh cari kata benbego di google, ada berapa banyak? Jangan kaget ya!

Benbego jadi kata baru di google. Terdengar asing, aneh, sulit dipahami. Dan saya rasa tak akan ada seorangpun yang akan mencari kata ini kecuali setelah yg membaca ini.๐Ÿ˜€ Karena ini cuma satu2nya didunia, dan cuma saya yg pakai. Saya bisa gunakan ini mengecek sejauh mana kata ini tersebar dan sampai mana atau situs2 apa saja yg kecantol kata ini. Sorry ya buat temen2 yg dah kena virus benbego.:mrgreen:

Bagiamana jika kata yg saya gunakan adalah berkategori marketing seperti bisnis, adsense, MLM, forex, trading, egold, paypal. Wuihh… banyak saingan tuh.๐Ÿ˜›

Yang jelas itu semua bisa terjadi hanya dan jika hanya anda memakai wordpress. Kenapa? Ya memang cuma ini yg saya pakai. Belum mencoba ke lain hati.๐Ÿ˜€

Trafik yg terlupakan.

Perlu ngga sih kita membangun trafik? Saya tidak mau berdebat. Silakan saja berargumen. Sebagian besar waktu saya selain blogging, download lagu, film๐Ÿ˜€ , saya juga melakukan promosi. Bisnis? ngga tuh. Saya belum mengarahkan untuk kesana. Sekali lagi “Uji Coba” atas pengetahuan yg saya dapat. Ya.. saya mempromosikan blog ini. Buat anda, bisa macem2 alasannya. Tenar, prestise, berbagi, sharing ilmu, cari teman, hobbi, belajar, marketing, promosi bisnis. Up2u deh. Tapeduli!๐Ÿ˜€

Yang terlupakan Dari WordPress.

  1. Memancing link. Mengutip dari Om Cosa “Secara sederhana, link bait adalah segala sesuatu yg merupakan bagian dari suatu situs, baik content, fitur, maupun layout; yg dapat menarik minat orang lain untuk memberikan link dari situs mereka ke situs tersebut. Jika dianalogikan dengan kegiatan memancing, maka (a) pemilik situs adalah yg memancing, (b) bagian dari situs adalah umpan pancing, dan terakhir, (c) link yg diberikan oleh pemilik situs lain adalah ikannya.” Di wordpress kita sudah diberikan fasiltas blogroll. Fungsi awalnya bukan untuk pertukaran link tapi sebagai petunjuk bahwa link yg terdaftar adalah situs favorit yg sering kita kunjungi. Klo sekarang bebas. Nyatanya masih banyak blogger yg enggan atau membiarkan fasilitas tersebut kosong atau blog si Matt doang yg nangkring.๐Ÿ˜€ Ngga perlu takut untuk ngasih link ke web selain blog kita (outbond link) toh pada akhirnya kita juga yang diuntungkan. Blog kita pun akan dikenal orang. Untuk Outbond link ini silakan baca diblognya Om Cosa.
  2. U Comment I Comment. Lupa darimana. Slogan ini dulu saya pasang, sekarang dah dibuang. Maklum, coba memperpendek sidebar. Kebiasaan atau memang ini yg banyak dilakukan blogosphere. Kamu komen saya pun komen di blog kamu. Jadi usahakan jika anda mengunjungi blog wordpress dimanapun, sempatkan untuk maaf, beol atau buang hajat di box komen mereka. Dijamin, mereka akan melakukan hal yg sama.:mrgreen:
  3. Kontak Info blog. Banyak yg melupakan hal ini. Yaitu tidak mengisi kolom nama website. Silakan buka menu my profile dan pastikan kolom websitenya sudah terisi. Buat apa sih ini? Masih berhubungan dg nomor 2. Kalau kita login, kemudian mengunjungi blog wordpress lain dan ingin mengisi komen, secara otomatis data yg ada di kontak infolah yg mengisinya. Jadi klo kosong, yg tertampil setelah submit komen hanya nama id pengunjungnya saja. Linknya tidak ada. Saya sering menemukan hal ini. Jujur aja, bila menemukan link kosong, saya yg cape harus mencari siapa gerangan hantu yg komen. Kalau komennya ngga ada pertanyaan sih oke2 aja. Klo dia nanya, mau jawab apa? Lewat email. Males. Kerjanya jadi dobel. Klo kepaksa ya pake xccdonts.asp deh. Itung2 sekalian ngerjain!๐Ÿ˜€
  4. Tag and Ping. Saya pernah sharing tentang hal ini diartikel yg lalu. Silakan dikebet2 lagi blognya. (Kebet…dibuka..prokem betawi๐Ÿ˜› ) WordPress, seperti yg saya bilang tadi diawal tidak mendukung meta engine. Sebagai penggantinya menggunakan tag, kategori sebagai keyword. Karena itu biasakan setelah menulis artikel, masukkan keyword2 yg sesuai dg konten anda saat itu. Hal ini sangat berpengaruh, terlebih dalam lingkungan keluarga besar wordpress.๐Ÿ˜€ Karena itu jangan heran setiap masuk id.wordpress.com disebelah kanan tertampang tag-tag. Tau ngga? Itu tag yg lagi terkenal pada hari itu. Semakin besar bentuk fontnya berarti semakin banyak yg menggunakan tag tersebut. Dan tentunya semakin rame. Begitu juga dg kategori, tempatkan konten anda berada pada tempat semestinya. Jangan masukkan dalam uncategories. Asli.. jelek banget. Ngga jelas. Klo ngga pake, bikin sekarang juga! Setelah posting dan dapat tampil dengan sempurna, lakukan promosi dengan rss ping. Saya biasa melakukan ini. Untuk siapa sih promosi blog? pilz dong ah! Klo kamu kesini karena search engine, itu manfaatnya. Memberi jalan pada siapa saja untuk menemukan informasi, berita, bacaan. curhat yg tepat.
  5. Lakukan ping. Ini tempat dimana saya menyempatkan diri untuk berping ria.๐Ÿ˜€ Cuma sedikit tapi hasilnya ok. Pokoke maknyusslah!:mrgreen: Nama webnya: autopinger.com, kpings.com, ipings.com, pingoat.com, pingomatic.com, dll. Di mypagerank juga ada. Penting: lakukan ping hanya dan jika hanya anda telah memposting artikel baru saja. Jangan terlalu sering, lakukan secara interval atau berjarak. Kira2 6 jam lah. Selain dengan ini saya juga pake tool tambahan, namanya rss submitter. Silakan search aja di di google. Sayangnya sampe sekarang saya belum nemu crack atau reg.keynya. Jd belum puas makenya. Dibatasi! Beginilah nasib shareware!๐Ÿ˜€ Selain ini masih ada, namanya rss announcer. Klo beli $32. Untuk saya always free. Silakan cari, Kan ilmunya dah saya keluarin semua!:mrgreen:
  6. Manfaatkan widget. Bagi sebagian orang menganggap tidak ada manfaatnya, atau memang tidak tau.๐Ÿ˜€ Padahal klo dipake juga ngga rugi kok. Klo masih kurang, bisa pake yg dari luar seperti IP Detector yg saya pakai. Link blog directory dg memanfaatkan widget box text, menampilkan mybloglog, flikr, vodpod, hits, dll.

Selesai. Mungkin dari semua ini masih banyak yg belum terjamah dari wordpress. Kalian aja ya yg nambahin. Yang jelas seperti inilah wordpress yg saya pakai. Dengan segala kemudahan diantara kesulitan yg ada ternyata wordpress memang lebih baik jika anda menggunakannya dg bijak.

Akhir kata, Anda Lulus Sebagai Keluarga Besar WordPress.๐Ÿ˜€

Thanks to Om Matt, Om Cosa, Mbah Gugel dan semua teman yg dah berkunjung kesini. Tanpa kalian, semua teori diatas tak kan ada artinya dan hanya menjadi omong kosong belaka. Saran, kritik, support, donasi, boleh kalian keluarkan disini. Untuk donasi, gue minta makan aja plus minumnya. Asli, gue laper banget bikin ini.!:mrgreen:

Update: 26 Nov 2007

Untuk anda yang suka download anime, manga linknya aku simpan di milis benbego. Di milis tersebut kamu juga mendapatkan link download anime manga naruto, bleach, nodame cantabile, game, mp3, dll. Maaf, hanya untuk member milis saja yg bisa download. Harap maklum.

43 Tanggapan to “Yang Terlupakan Dari WordPress”

  1. mulut said

    welgedewelbeh

    vertamax ahhhh …. (setelah beberapa hari off)๐Ÿ™‚

    Jangan2 dari tadi nungguin ya biar dapet vertamax๐Ÿ˜€

  2. Praditya said

    Tapi untuk wordpress yg dihost di wordpress.com sayangnya gak bisa dimasukin kode-kode javascript…

    Seperti yang saya bilang “Dengan segala kemudahan diantara kesulitan yg ada”. Nah salah satu kesulitannya itu. Btw, klo targetnya bukan bisnis, atau plugin lainnya yg memang belum perlu. Saya rasa ini sudah lebih dari cukup. Jika yg dimaksud adalah javascript adsense, banyak kok blogger wordpress yang melink ke blogspot untuk sekedar mencari uang dari google. Mereka tau kekuatan wordpress. Krn itu mereka tetap ngeblog di wordpress. Seandainya saya masih punya account adsense (dah dibanned๐Ÿ˜€ ) mungkin akan melakukan hal yg sama. Padahal dah mau dapet cek…hiks..hiks..

  3. mulut said

    saran sudah dilaksanakan ….. makasih ya suhu

  4. mulut said

    oya …. kasih komen di tulisan terakhir mulut ya …
    sekalian hetrik he he he

    Udah nangkring di blog sampeyan. Tapi agak lama. Benwitnya kesedot ama download nih!๐Ÿ˜€

  5. mataharicinta said

    balik lagi.
    sekalian mau bilang, linknya udah diganti.
    see ya:)

  6. 'Nin said

    No. 3 – Baru tahu nih. Selama ini saya manual aja ngisi datanya.
    No.4 – Saya termasuk orang yang paling males ngisi kategori ini. Jelek ya?Jadi PR deh. Tapi not now. Saya masih penasaran apa bedanya tag dan category.
    Tentang wordpress, masalah saya, setiap habis posting, mau edit, pasti deh “error page” Jadi harus delete cookies dan files dulu, trus post ulang. capede….
    Tapi, wordpress emang terbukti paling cepet (buat saya)
    Arigato.

  7. joker said

    sip..
    berguna sekali buat pemula kayak gue.

  8. kurtubi said

    Waaah mesti dipelajari benar nih kitab karya benbego ini..
    malam semakin dingin, kusudahi dulu ol nya..
    nnati di sambun gkemblai

  9. […] gotta move, You gotta move Ma,ma,ma,ma,ma,ma,ma,ma,ma Time you gotta move Right to the city Where the real men get it Aw, child, ain’t it a pity? Sometimes it gets […]

  10. rozenesia said

    Wah, U Comment I Comment nggak tau aku. Blogger pemula sih, belum juga 3 bulanan..๐Ÿ˜€

  11. […] Rasanya begitu lucu. Beberapa saat sebelumnya hamba begitu mengagungkan sang putri. Dia putri raja terbaik diantara putri lainnya. Jika kalian belum tau tentang kisah sang putri ini, silakan baca “Yang Terlupakan Dari Sang Putri -Wordpress“ […]

  12. Ratu Adil said

    wahh bagus sekali tulisan ini. Hampir menyamai rivermaya.
    bagus… bagus… ratu adil ikut suka.

    gitu dong jika buat blog, jangan cuma cuap-cuap gak karuan. bikin boros bandwidth aja.

    membuat nama “benbego” biar gampang dicari. ini sebetulnya secara gaib tak baik. karena kurangnya rasa apresiasi terhadap tubuh sendiri.
    seolah-olah harus bikin trik dulu baru bisa ngetop. kasian deh loe…

    kalo orang itu menghargai tubuhnya, biarpun namanya rudi atau anton ia akan tetap buat nama blog seperti itu.

    “Yang alami lebih sehat” – Ratu Adil.

    Wah..wah.. ternyata Ratu Adil salah mengerti ya. Klo urusan dg dunia ghaib mungkin iya. Tapi disini saya mencoba menjabarkan secara rasional dan singkat bagaimana menempatkan blog kita pada sistem pencarian (search engine google). Yang namanya blogger pasti ingin blognya tercatut ke dalam search engine seperti google. Benbego bagi saya hanya nama subdomain dari wordpress.com. Tidak mewakili tubuh saya. Cukup pikiran saja. Toh benbego sendiri punya makna tersendiri “menjadi orang bodoh yang tahu akan kebodohannya”. Bagi saya makna ini cukup sulit diapresiasikan. Silakan diterjemahkan sendiri.

    Nama benbego dibuat bukan untuk dicari. Seperti yg saya bilang diawal, tak akan ada seorangpun yang mencari kata ini di google. Jadi benbego itu berdiri sendiri. Tidak terikat dg yg lainnya. Jika yg dicari kata ratu adil tentu akan sangat banyak. Alasan klasik, karena sudah umum. Sebagian orang, apalagi orang jawa sudah cukup mengenal siapa sosok ratu adil. Pertanyaannya, siapa yg dicari? Andakah?

    Nah yg diatas itu adalah penerapan yg saya lakukan untuk membuktikan sejauhmana pemanfaatan rss feed, tag, ping, outboand links bisa dilakukan dengan sumber kata benbego. Jika kata lain yg saya pakai, hasilnya akan bercampur aduk. Ini punya siapa, itu punya siapa. Lantas apakah ini trik, Jelas ya. Kan jadi panduan buat yg lain. Lalu ngetop, apa itu yg anda nilai? Sempit banget ya. Jika ingin menghargai tubuh seseorang dg sebuah nama, lantas mengapa nama Anda Ratu Adil? Yang alami kalau berlebihan juga malah sakit kok, bukannya sehat.

    Btw, thanks atas kritikannya!๐Ÿ˜ฆ

  13. abeeayang said

    @ yang atas (ratu gendeng)
    masih idup OM?

    Jadi Kamu kenal ma ni orang?๐Ÿ˜€

  14. neen said

    “sempatkan untuk maaf, beol atau buang hajat di box komen mereka”

    beol dulu ah… di blog ini๐Ÿ™‚ Btw, makasih euy, jadi sedikit ngerti.

    Neen, klo udah tolong disirem ya. Asli, kasian tuh yang laen kebauan!:mrgreen:

  15. *Mulai mencatat*



    *Proses mencatat selesai*
    *Minum teh*
    @ ratu adil

    wahh bagus sekali tulisan ini. Hampir menyamai rivermaya.
    bagusโ€ฆ bagusโ€ฆ ratu adil ikut suka.

    Yep, baru pertama kali ini saya setuju dengan Anda.

    kalo orang itu menghargai tubuhnya, biarpun namanya rudi atau anton ia akan tetap buat nama blog seperti itu.

    Yang ini ga setuju lagi.๐Ÿ˜›
    Orang bikin blog kan supaya dia bisa berkreasi, kan? Terserah dia mau namai blognya apa.
    Betul apa betul?๐Ÿ˜‰

    Ya aja deh daripada benjol!๐Ÿ˜€

  16. Soal widgets, selain pakai barang buatan luar, bisa juga membuatnya sendiri. Saya kira software untuk membuat widgets via image yang bagus saat ini masih Adobe Photoshop.๐Ÿ˜€

    Yap setuju. Tapi perlu skill juga tuh untuk makenya. Dan saya salah satu orang gaptek untuk make Photoshop. Ajarin dunk!๐Ÿ˜€

  17. […] bisa saja menjadi orang yang taat peraturan Blogosphere, dalam hal ini peraturan yang diberikan WordPress, walaupun peraturannya tidak sempurna. Mungkin anda dapat menjadi seorang Blogger yang bertugas […]

  18. neen said

    Maaf Mas, tadi saya buang hajat tanpa meninggalkan link yang jelas, sekarang linknya dah jelas.
    *berharap-harap penulis menaati hukum “U Comment I Comment.*
    Maaf, nyampah๐Ÿ˜€

    Kamu tu ya. Diatas beol, sekarang nyampah. Klo udah, pokoknya bersihin. Yg diatas sirem yg bener. Netes tuh kebawah.:mrgreen:

  19. hoek said

    hoooo…
    saia sendiri ndak begidu memferhatikan nomer 4 sama 5, soale fostingan saia ndak ada bagos-bagosna, cukuf dibaca sama yang mo mbaca aja, mhuehueheuheu:mrgreen:
    tafi ni artikel bagoss sangadh, sebuah jalan fencerahan bagi ummat wordpress yang baru findah agama dari hosting blog lain

    Amvun Kaviten Hoek. Sumvah. Ana boekan Viter Van. Verhatican ava ndak, taveduli. Sing penting asoy!:mrgreen:

  20. masdhenk said

    selamat udah kembali…
    gak jadi di suspend kan?

    congrats ya bro

    Thanks Mas. Ini berkat banner sampeyan. Jadi ada manfaat juga tuh banner!

  21. Menurutku WP punya kelebihan di komunitasnya. Di layanan lain kok selama ini aku belum menemukannya. Karena tujuan saya ngeblog untuk menjalin silaturahmi dan sharing pengalaman, jadinya aku merasa nyaman menggunakan WP, hehehehe๐Ÿ˜€
    *Ngomgon2 blognya dah bisa diselamatkan ya Mas? Doaku dikabulkan, hehehe๐Ÿ˜€ *

    Karena kenyamanan itulah makanya saya berjuang untuk mendapatkan kembali blog ini.Tp masalahnya belum tuntas. Di Dashboard ku masih ada box TOS Warning. Bikin was-was. Aku juga dah konfirm ke mereka, tp belum ada balasan. Sekarang mau konfirm ulang nih. Minta doanya lagi dong.๐Ÿ˜€

  22. myresource said

    asik dapet pelajaran…
    makasih…

    Sama-sama.

  23. abeeayang said

    dulu ratu gendeng sudah dibumi hanguskan ๐Ÿ‘ฟ
    ternyata masih idup
    ati2 jangan kepancing ke blognya yang sesat

    Maaf, baru tau. Kan saya belum lama ngeblognya. Thanks ya atas warningnya!

  24. devino said

    keren2 koq bisa ya nulis sepanjang ituh,, hehehe lam kenal Mr Ben

    masih rookie nih dalam dunia blog,, mohon bantuannya

    Rookie atau bukan, ngga jadi soal. Yg penting nulis aja apa yg kamu suka, benci, komentar bebas. Terus ikutin cara di atas. (klo mau lho, nggak maksa!๐Ÿ˜€ )

  25. tsn said

    oo… bagus…bagus…๐Ÿ™‚

    Apanya yg bagus. Udah baca poin 3 belum? Cepet praktek. Link kamu ngga ada tuh!๐Ÿ˜ฆ
    Klo gini kan jd ngga bisa praktek poin nomer 2.๐Ÿ˜€

  26. anas said

    wow, SEO yang panjang tapi jelas sekali๐Ÿ˜€

    Oh ya!๐Ÿ˜›

  27. Herianto said

    Postingan nya cukup informatif…

    Untuk komen, setuju dengan p Sawali, fasilitas di wordpress memang sangat mendukung untuk berinteraksi dengan nyaman…๐Ÿ™‚

    Terlebih untuk berinteraksi sama pacar ato cari jodoh!:mrgreen:

  28. Aprina said

    memang banyak kemudahan yang ditawarkan Wp sehingga para blogger dapat berkreasi bebas (terutama bagi blogger pemula banyak memberikan pembelajaran). mungkin kemudahan ini kali ya yang bikin komunitas WP cepat berkembang

    Bisa dibilang ya. Karena kemudahan itulah kiranya perlu berhati2 dalam berkreasi bebas. Jgn sampe kebablasan kayak aku. Kemarin blog ku kan disuspend. dah tau belum? Asli.. bikin aku๐Ÿ˜ฏ

  29. chandra said

    makasih banyak infonya bos..

    Sama-sama.๐Ÿ˜›

  30. irvan132 said

    yang kurang satu:
    kenapa versi gratis itu terbatas? yang lainnya, bagus.
    wkakaka.
    *ngaciiir

    -IT-

    Ente pengen tau jawabannya? cepek dulu!:mrgreen:

  31. […] Announcer ini sebenarnya pernah aku ulas sedikit pada artikel Yang Terlupakan Dari WordPress. Dan untuk lebih jelasnya silakan duduk yang manis, pandangan mata tertuju pada monitor, dan tidak […]

  32. balivetman said

    cuma iseng mampir eh, malah dapat banyak ilmu.makasih yaah…

  33. djunaedird said

    Untuk sementara saya jadi pembaca yang baik saja, deh. Nyerap ilmu dulu. Maklum, anak kemarin sore, he-he-he….

  34. Ihwan said

    Postingannya mantap kali bang !

    o iya kalo ngegunain wordpress.org hostingnya gmn si? pasalnya kita kan dapetnya file2 php n temen2nya tuh. ada yg udah berpengalaman gk neh untuk bagi2 ilmunya dsini ?…

    di antos.

    Untuk masalah ini akan saya bahas secara khusus. Tunggu aja posting berikutnya!๐Ÿ˜€

  35. berkatmu besar disorga nak!

  36. liriklirih said

    matur nuwun sanged den….

  37. kumpul said

    semua udah di ping

  38. aisalwa said

    Sippp …..
    yang kamu tulis mewakili apa yang sudah kurasakan selama bersama WP

    Btw ….
    aku bikin widget teks berisi kata mutiara, tapi kok gak bisa muncul teks-nya ya ….๐Ÿ˜€ ( nebeng nanya daripada tersesat )

    tQ b4 ……

    Masa sih ngga bisa? Kamu ngasih pr gitu malah bikin aku tersesat.๐Ÿ˜€ Kapan nih mau dibantuin?

  39. ahkam ( ZQ ) said

    ziq kaga ada respon

  40. […] Announcer ini sebenarnya pernah aku ulas sedikit pada artikel Yang Terlupakan Dari WordPress. Dan untuk lebih jelasnya silakan duduk yang manis, pandangan mata tertuju pada monitor, dan tidak […]

  41. keren sangad isi tips nya… saya mau cobain point to point.. bang ben.. gimana tuh cara nampilin respond comment di site ini … ajarin dong bang ben… saya angkat jadi suhu deh..๐Ÿ˜€ maklum bang cuman baru seminggu ngeblogs
    fourspeed metalwerks

  42. mumpung belum keluar log, numpang nangkring ah

  43. bang ajarin dunk…hehehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s