Riziq Aje

Just me and all

Promosi Web dengan Tag and Ping

Posted by Rafie pada November 8, 2007

Promosi web. Kita dah belajar sedikit tentang rss feed dan bagaimana mempromosikannya ke berbagai rss submission. Dan lanjutan promosi web kali ini adalah dengan memanfaatkan tag ping dan social bookmarking. Untuk yg memiliki koneksi lebih bisa memanfaatkan video tutorial tag and ping. Tersedia lengkap di halaman free-ebook blog ini. Silakan cari sendiri ya!😀

Apa itu tag and ping?

Tag bisa dikatakan sebagai nama lain dari keyword. Kebanyakan netter mengenal keyword sebagai kata-kata tertentu yang diketikkan user ke dalam kolom search engine (seperti google) untuk mencari sesuatu di internet. Nah tag itu kerjanya sama dan merupakan bentuk lain dari social bookmarking sebagai salah satu cara klasifikasi dalam mengakses semua konten pada suatu blog. salah satu direktori blog yang menggunakan tag ini adalah Technorati. Tag juga berarti kategori.

Sebagai contoh untuk memahami secara langsung tentang tag adalah blog ini. Artikel ini berada pada kategori promosi web dan tutorial. Dengan tag promosi, web, tag and ping, iklan baris, gratis, rss submission, ping automator. Layanan wordpress sama sekali tidak menyediakan pengaturan meta tag, meta keyword, deskripsi, dll.

Hanya yg memiliki host sendirilah yang bisa melakukannya. Karena itu, memasukkan kata dalam tag yang sesuai dengan isi konten kita akan sangat membantu search engine untuk mengindex, klasifikasi dan menentukan page index. Nah dg tag dan kategori tersebut diharapkan blog ini bisa masuk ke dalam daftar yg sedang dicari sesuai dg tag yg blog ini miliki. Bila seseorang sedang ingin curhat dan menuliskan kata curhat di search engine, yang timbul adalah kemungkinan blog yg memiliki tag dan kategori curhat. Jelas kan! Selanjutnya….

Ping bisa diartikan sebagai sebuah perintah sederhana (laporan) untuk memberitahukan kepada berbagai search engine yang berbeda bahwa blog atau website anda telah atau baru saja diupdate.

Dengan adanya ping ini, blog anda senantiasa terupdate untuk di index oleh search engine. Dan dari pengalaman saya tidak butuh waktu lama untuk melakukan ping. Hanya beberapa menit saja. Sisanya, biarkan ping yang bekerja mempromosikan blog anda.

Social Bookmarking. Semuanya bermula dengan Web 2.0, yang mengembalikan hak penentuan tentang kualitas isi(content) sebuah website kepada pembacanya. Contoh web 2.0 yang terbaik adalah Social Bookmarking (blink, Del.icio.us, Digg) dimana user boleh menyimpan link di website tersebut (bookmarking) dan link tersebut adalah open to other user to see, klik, comment* dan rate* dan seterusnya disimpan oleh user yang lain. Kelebihan Social Bookmarking ini adalah jumlah user yang besar, penentuan tag (keyword) website oleh user sendiri, boleh di specify sebanyak mungkin tag untuk sebuah website dan pantas untuk di index.

Lebih mudah jikalau kita membayangkan Social Bookmarking ini sebagai sebuah search engine yang kita diberi total control over what the website is rank for.

Sekarang coba bayangkan apa yang akan terjadi jika anda tag dan ping website/blog anda kepada berbagai2 social bookmarking site ini. Sudah pasti website/blog anda akan mendapat limpahan targeted traffic yang besar dan seterusnya memungkinkan peningkatan Sales anda ataupun CTR adsense anda!

Ok. Semua dah jelas.

Nah yang terakhir adalah Bagaimana cara melakukan Ping?

Cara paling mudah hanyalah 2 langkah dibawah:

1. Dengan menggunakan wordpress atau blog lainnya, sebelum anda publish post anda, pastikan anda telah menetapkan categories anda karena categories anda berfungsi sama dg tag seperti yang diterangkan. Tambahkan saja category/tag apa saja yang anda rasa berkaitan dengan postingan anda itu.

2. Setelah itu, gunakan saja multiple ping. Diantara yang popular adalah www.pingoat.com atau www.pingomatic.com, www.ipings.com, www.autopinger.com, www.kping.com

Mudah kan!

Tips menggunakan teknik Tag dan Ping

 

  • Pastikan tag dan content post anda berkaitan.
  • Yang perlu diingat “Content is King!”
  • Jangan melakukan spam Social Bookmarking site dengan cara membuka banyak akun dan bookmark website/blog yang sama dengan tujuan menciptakan satu keadaan bahwa bookmarking website/blog tersebut ramai
  • Technorati bisa dibilang direktori blog, blogsearch, tags aggregator, piranti dan social bookmarking. Walaupun sekarang banyak yg memakai Digg dan situs yang social bookmarking untuk menarik pengunjung dan backlink, tidak berarti Technorati ditinggalkan. Akan lebih baik bila sebelumnya anda mendaftar ke http://technorati.com dan claim situs yanga anda miliki.
  • No Responses Yet to “Promosi Web dengan Tag and Ping”

    1. doeytea said

      Than’ks pencerahannya. Kebetulan saya lagi buat website baru nih.

    2. ummu said

      bagus ini infonya http://www.kalonjitonji.blogspot.com

    3. jadi bang ben social bookmarking nya pake apaan? sekalian kasih tau dong di blog oe mesti apa ajah yang di lakuin

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s